Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Juknis Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS SMK) 2021 PDF Resmi

 Setiap generasi muda adalah aset bangsa, tidak terkecuali siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mereka diharapkan dapat menguasai ilmu pengetahuan, pemahaman serta penguasaan keahlian lewat pendidikan di sekolah kejuruan. Dengan kompetensi tersebut, diharapkan siswa lulusan SMK memiliki keterampilan sehingga dapat bersaing secara nasional bahkan internasional.



Latar Belakang Lomba Kompetensi Siswa SMK

Siswa SMK yang memiliki daya saing tinggi tentunya sebagai perwujudan Visi Bangsa Indonesia 2045 yang ingin pembangunan manusia serta penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dapat meningkatkan taraf pendidikan dan meratakan pendidikan di Indonesia. Beriringan dengan visi yang ada tersebut, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnad) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK  2021 untuk mengukur ketercapaian kompetensi yang ada.


Siswa SMK yang memiliki kemampuan dan talenta harus mendapat dukungan penuh agar mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Siswa SMK diharapkan tidak hanya mempunyai kompetensi sesuai standar kompetensi nasional dan internasional, tapi juga karakter kerja yang bagus. Keahlian yang bagus tanpa dilengkapi attitude atau sikap yang baik tentu saja akan kurang. Proses pelatihan dan pendidikan bagi siswa SMK semakin perlu melakukan kemitraan dan kerjasama yang lebih erat dengan dunia kerja nyata, baik dunia usaha maupun dunia industri. Hal tersebut karena adanya Peraturan Menteri Keuangan No 128/PMK.010/2019 mengenai teknis pemangkasan pajak (super deductive tax).


Lulusan SMK dituntut untuk mempunyai softskill berupa kemampuan dasar dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, berpikir kritis, berinteraksi dan bekerjasama secara efektif dengan pihak lainnya. Tak hanya itu, lulusan SMK juga dituntuk untuk memiliki karakter yang mandiri, tangguh, dapat bertanggung jawab, memiliki jiwa wira usaha dan kreatif.


LKS SMK pada tahun 2021 dilaksanakan Puspresnas dengan tema “Talenta SMK Berprestasi Menoreh Karya Tingkat Nasional dan Dunia”. LKS SMK 2021 ini tidak hanya bertujuan untuk menginspirasi dan memotivasi para pemerhati pendidikan menengah kejuruan, tapi juga mempunyai tujuan untuk mengajak seluruh komponen yang berkecimpung di dunia pelatihan dan pendidikan kejuruan makin sadar akan pentingnya tahu mengenai perkembangan yang dibutuhkan untuk kompetensi atau keahlian yang spesifik. Hal tersebut guna memenuhi kebutuhan di era globalisasi, digitalisasi dan otomasi agar siswa SMK mampu disiapkankan untuk siap latih dan siap kerja.


Tujuan LKS SMK 2021

Penyelenggaran LKS SMK pada tahun 2021 ini memiliki tantangan karena akan digelar saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Maka dari itu, terjadi perubahan tata cara penyelenggaran LKS SMK 2021 yang dilaksanakan oleh Puspresnas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pada tahun 2021, pelaksanaan LKS SMK 2021 akan dilaksanakan secara online.


Dalam melaksanakan LKS SMK 2021 di saat pandemi Covid-19, terdapat Petunjuk Teknis (Juknis) Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK. Juknis tersebut sebagai acuan atau pedoman untuk melaksanakan LKS SMK 2021 yang akan dilaksanakan secara online. Juknis ini diharapkan dapat membuat penyelenggaraan LKS SMK 2021 secara daring berjalan secara lancar dan mampu memberikan motivasi untuk siswa SMK tetap berprestasi. Pelaksanaan LKS SMK 2021 memiliki beberapa tujuan, yaitu:
1.    Menyediakan tempat bagi siswa SMK untuk mengasah karakter produktif, positif, kreatif serta inovatif;
2.    Memotivasi siswa SMK agar meningkatkan keahlian dan kemampuan sesuai standar dunia industri dan dunia usaha;
3.    Mendorong siswa SMK untuk produktif, mampu bekerja secara maksimal dan dapat menghasilkan produk-produk yang inovatif;
4.    Mempersiapkan siswa SMK yang tangguh dan mampu bersaing di tingkat global;
5.    Mengetahui kemampuan dan kualitas SMK di Indonesia secara merata di Indonesia apakah sesuai standar dunia industri dan dunia usaha;
6.    Meningkatkan citra SMK dan mempromosikan performa kerja siswa SMK;
7.    Memotivasi siswa SMK untuk berkompetisi secara positif dan memberikan kesempatan kepada mereka.

Untuk informasi selengkapnya mengenai LKS SMK 2021, silakan Download Juknis Lomba Kompetensi Siswa  SMK (LKS SMK) 2021 (DI SINI)

Ikuti terus update seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar