Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Juknis PPDB Tahun 2021 PDF (Resmi)

 Melalui Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Juknis PPDB TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2021/2022, penerimaan peserta didik baru merupakan penerimaan peserta didik baru pada tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SMK yang dilaksanakan secara objektif, transparan, serta akuntabel. Selain itu pelaksaan PPDB ini juga dilakukan tanpa adanya diskriminasi kecuali bagi sekolah yang secara khusus dirancang untuk melayani peserta didik dari kelompok gender ataupun agama tertentu.



Jalur Pendaftaran PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022

Dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis PPDB TK SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2021/2022, dijelaskan bahwa bahwa PPDB untuk SD, SMP, dan SMA dilaksanakan melalui jalur PPDB. Jalur pendaftaran ini meliputi jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan/atau prestasi.

Berikut jalur zonas yang dibagi menjadi 3 (tiga):

1. Untuk jalur zonasi SD minimal 70% dari jumlah daya tampung sekolah;

2. Untuk jalur zonasi SMP minimal 50% dari jumlah daya tampung sekolah;

3. Untuk jalur zonasi SMA minimal 50% dari jumlah daya tampung sekolah.

Untuk jalur zonasi minimal 15% dari keseluruhan daya tampung sekolah. Sedangkan untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maksimal 5% dari jumlah tampung sekolah. Jika sekolah masih memiliki kuota sisa dari kesleuruhan jalur pendaftaran, sekolah dapat membuka PPDB melalui jalur prestasi.Namun jalur prestasi ini tidak berlaku bagi jalur pendaftaran calon peserta didik baru TK dan kelas 1 SD.

Penjelasan Jalur Afirmasi, Perpindah Orang Tua/Wali, dan Prestasi

Jalur Afimasi

 Berikut persyaratan pendafatran calon peserta didik baru untuk jalur afirmasi:

1. Berasal dari keluarga kurang mampu;

2. Penyandang disabilitas;

3. Berdomisili di dalam dan di luar zonasi sekolah yang bersangkutan;

4. Jika jumlah peserta PPDB jalur afirmasi ini melebihi kuota penerimaan, maka penentuan peserta didik yang diterima berdasarkan jarak calon peserta didik yang paling dekat dengan sekolah.

Jalur Perpindahan Orang Tua/Wali

Untuk jalur perpindahan orang tua/wali, berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Perpidahan tugas ini harus dibuktikan dengan surat perpindahan tugas dari instansi, lembaga, kantor, ataupun perusahaan tempat orang tua/wali bekerja;

2. Jika jumlah calon peserta didik baru jalur perpindahan orang tua/wali memiliki sisa kuota yang ditentukan pemerintah, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik tempat orang tua/wali mengajar;

3. Jalur ini diprioritaskan bagi calon peserta didik yang tinggal paling dekat dengan sekolah.

Jalur Prestasi

Untuk jalur prestasi berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

 1. Melampirkan rapor yang dilengkapi dengan surat keterangan peringkat nilai rapor peserta didik dari sekolah asal (nilai rapor 5 semester terakhir);

2. Memiliki prestasi baik itu di bidang akademik maupun di bidang non-akademik. Bukti prestasi ini diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sebelum pendafatran PPDB dilaksanakan.

Download Jukdis PPDB Tahun 2021 (Resmi)

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terakit PPDB Tahun 2021, Anda dapat mendownloadnya di LINK INI.

Atau Anda juga bisa membawanya di bawah ini: 

Ikuti terus update seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com. Semoga bermanfaat.

 


Posting Komentar

0 Komentar