Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Juknis PTSL Tahun 2021 PDF (Resmi)

Berikut ini download Juknis pedoman Pendaftaran Tanah Sistemitis Lengkap (PTSL) tahun 2021 secara resmi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanian Nasional (ATR/BPN).



Juknis Pendaftaran PTSL Tahun 2021

Petunjuk Teknis (juknis) PTSL ini diterbitkan sebagai petunjuk pelaksanaan PTSL dari tahun 2021 hingga tahun-tahun berikutnya dimana dalam penyusunannya mengikuti dasar identifikasi, formulasi, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan PTSL di tahun-tahun sebelumnya.

Di tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran seluruh bidang tanah pada 2024 masih menjadi tujuan dan arah pelaksanaan kegiatan PTSL. Pada Petunjuk Teknis tahun ini, kualitas data ditekankan pada bagian terintegrasi dari setiap bidang tanah yang kita daftarkan, dalam semua konteks. Dalam rangka memastikan hal-hal tersebut, telah dilakukan penyesuaian-penyesuaian, yaitu sebagai berikut:

1. Formulasi perencanaan penyusunan roadmap penyelesaian desa lengkap dan penghitungan volume target PBT, SHAT dan K4 setiap desa dengan mekanisme peningkatan kualitas data yang menjadi bagian terintegrasi dalam proses perencanaan

2. Penetapan Kluster 3.3 sebagai produk PTSL yang dilaksanakan sampai dengan tahap pengumpulan data fisik karena:

  • tidak tersedia anggaran SHAT pada tahun berjalan;
  • yang bersangkutan bersedia menunjukan batas-batas bidang tanahnya, namun belum bersedia diterbitkan sertipikatnya; Sedangkan bidang-bidang tanah yang belum diketahui pemiliknya dilakukan delineasi atau dapat dibentuk dari hasil ukuran bidang-bidang tanah yang berbatasan langsung dengan diberikan Nomor Induk Sementara (NIS) dan bidang-bidang tersebut tidak menjadi produk Kluster 3.3. 

3. Penguatan peran Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional dalam penetapan lokasi dan usulan deklarasi desa lengkap, dengan memberikan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional untuk meneliti usulan dan memberikan persetujuan atau memperbaiki penetapan lokasi yang diajukan oleh Kepala Kantor Pertanahan, sesuai dengan Roadmap penyelesaian PTSL sampai dengan tahun 2024.

4. Penentuan prioritas penambahan desa lengkap dan melanjutkan produk PTSL 2017- 2020 yang belum teranggarkan kegiatan SHAT sebelumnya sebagai desa lengkap.

5. Validasi Buku Tanah wajib dilakukan untuk mendukung pelaksanaan layanan pertanahan secara elektronik. Untuk itu, dalam melaksanakan kegiatan PTSL Kantor Pertanahan wajib memastikan kesesuaian buku tanah, sertipikat dengan data pada aplikasi KKP.

6. Penggunaan Aplikasi “Survey Tanahku” pada kegiatan PTSL untuk mendukung transformasi digital dalam rangka pengumpulan data fisik dan data yuridis secara bersamaan, serta penyelesaian K4.

7. Untuk kegiatan pendaftaran tanah Lintas Sektor meliputi sertipikasi Nelayan Tangkap, Budidaya, UMK dan Petani Sawit Mandiri yang berasal dari Perjanjian Kerja Sama antara Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, yang obyeknya berada di dalam penetapan lokasi PTSL Desa/Kelurahan dilaksanakan melalui mekanisme PTSL, dan apabila obyeknya berada di luar penetapan lokasi PTSL maka diselesaikan dengan PBT Mandiri dan SHAT mandiri.

8. Laporan daftar BPHTB terhutang secara periodik dilaporkan kepada Bupati/Wali Kota setempat dan PPh terhutang kepada Kantor Pajak Pratama setempat. Pelaporan tersebut dapat dilakukan melalui Sistem Elektronik yang terintegrasi secara host to host. Bagi kantor pertanahan yang belum melaksanakan pengintegrasian Sistem Elektronik, maka pelaporan dilakukan secara manual.

 

Download Juknis PTSL Tahun 2021 PDF (Resmi)

Bagi Anda yang ingin mengetahui Juknid PTSL Tahun 2021 secara lengkap, Anda dapat mengunduhnya di LINK INI.

Anda juga bisa membacanya secara langsung di bawah ini: 

 Ikuti terus update seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar