Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Permenpan No. 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerah PDF (Resmi)

Permenpan No. 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerahditerbitkan Menpan dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia,  dengan dua hal pertimbangan. Pertama, demi mendukung kelancaran pelaksaan tugas dan pelayanan kepada masyarakat, tercapainya tujuan strategis nasional yang lebih cepat, terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas dan memiliki kemampuan untuk berdaya saing.



Pertimbangan pertama ini juga terkait untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, khususnya sektor pelayanan pendidikan yang masuk di dalam prioritas program kerja pemerintah, guru yang berkualitas dan profesional dibutuhkan dalam jumlah yang tepat sesuai kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di suatu Instansi Daerah.


Kedua, yang menjadi pertimbangan dalam terbentuknya Permenpan No. 28 Tahun 2021 ini adalah untuk memenuhi kebutuhan guru dengan pengisian kebutuhan dari ASN dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di suatu Instansi Daerah perlu mengatur pengadaan Pegawai Pemerintah melalui Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru di Instansi Daerah Tahun 2021 secara Nasional.


Tujuan Pengadaan PPPK JF Guru di Instansi Daerah 2021

Tujuan ini pun tercantum di dalam Permenpan No. 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerah, yaitu untuk memenuhi kenutuhan dan mendorong peningkatan dalam profesionalisme guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan di Instansi Daerah. Pelaksanaannya harus sesuai dengan lima prinsip, yaitu Kompetitif, Adil, Objektif, Transparan, dan Bersih.


Bersih yang dimaksud dalam pelaksanaan pengadaan PPPK JF Guru di Instansi Daerah 2021 adalah terbebas dari praktik yang menguntungkan satu pihak, dan merugikan banyak masyarakat luas, seperti korupsi, kolusi, nepotisme, dan pemungutan biaya. Sehingga, calon pelamar pun diharapkan tidak mempercayai pihak yang mengaku bisa membuat lulus dengan meminta biaya tertentu.
Syarat Pelamar Calon PPPK Guru 2021.


Calon PPPK Guru 2021 harus memiliki status sebagai THK-II, Guru Non-ASN yang terdaftar di Dapodik, Guru Swasta yang terdaftar di Dapodik, atau merupakan lulusan PPG. Pelamar juga harus memenuhi 7 butir persyaratan umum, yaitu merupakan Warga Negara Indonesia; Usia minimal 20 tahun dan maksimal 59 tahun; tidak pernah melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih; tidak pernah diberhentkan secara tidak hormat.
Pelamar calon PPPK Guru 2021 juga tidak diperbolehkan menjadi anggota atau pengurus partai politik; sertifikat pendidikan terkait keguruan juga diperlukan untuk daftar jadi calon PPPK Guru 2021; dan harus dipastikan calon pelamar sesuai dengan Permenpan No. 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerah ayat (1) calon pelamar harus memiliki kondisi yang sehat jasmani dan juga rohani.


Syarat Pelamar Calon PPPK Guru 2021 untuk Penyandang Disabilitas

Calon PPPK Guru 2021 yang berstatus disabilitas harus memenuhi persyaratan dengan melampirkan surat keterangan dari dokter, dan juga video kesehariannya dalam mengajar. Namun, terdapat ketentuan yang wajib diperhatikan bahwa penyandang disabilitas rungu tidak dapat melamar pada Guru Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris Ahli Pertama.


Calon pelamar disabilitas daksa tidak dapat melamar pada Guru Penjaskes Ahli Pertama. Begitu juga pada calon pelamar disabilitas netra tidak dapat melamar pada Guru Seni Budaya Ahli Pertama. Sehingga, calon pelamar dengan disabilitas harus menyesuaikan syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan ini.


Hal yang Membuat Calon Pelamar PPPK Guru 2021 Gugur

Ditegaskan dalam Permenpan No. 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerah bahwa setiap calon pelamar gugur dalam seleksi, dan atau menerima sanksi sesuai UU apabila melamar lebih dari 1 instansi, dan atau 1 jenis jabatan dan atau  jenis jalur kebutuhan PNS; atau berani menggunakan 2 NIK yang berbeda. Perhatikan juga setiap berkas yang diperlukan calon pelamar PPPK Guru 2021 agar bisa lolos seleksi berkas.

Download Permenpan No. 28 Tahun 2021 tentang Pengadaan PPPK Guru di Instansi Daerah PDF (Resmi)

Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mendownload Permenpan No. 28 Tahun 2021 DI SINI.

Atau Anda bisa langsung membacanya di sini: 

Dapatkan informasi lebih lengkap seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar