Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Inilah Jadwal Pelaksanaan KOSN SMA Tahun 2021

KOSN SMA Tahun 2021

 Sejak tahun 2006, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud telah menyelenggarakan kompetisi beberapa cabang olahraga pelajar dengan sebutan POPSMA (Pekan Olahraga Pelajar SMA). Dari kegiatan itu, pemerintah melihat bahwa antusias para pelajar se-Indonesia di bidang olahraga sangat besar. Bahkan kesungguhan mereka untuk terus berlatih dan berkompetisi secara sportif, terlihat dari kepatuhan mereka terhadap peraturanperaturan yang ditetapkan. Standar kualitas mereka pun teruji dalam merebut gelar juara di masing-masing bidang. Pada tahun 2007 Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengganti nama POPSMA menjadi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. Tahun 2021, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) berganti nama menjadi Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN).

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain adalah pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi. Salah satunya yaitu Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN). Para juara pertama di KOSN XII pun disiapkan untuk mengikuti Kompetisi Olahraga Pelajar di Tingkat Internasional.

Beberapa raihan prestasi tingkat Internasional di bidang olahraga jenjang SMA, antara lain : 

  • Kejuaraan International de La Province de Liege 2019, di Belgia, Tim Karate Pelajar SMA Indonesia berhasil meraih 2 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu.
  • Kejuaraan International de La Province de Liege 2018, di Belgia, Tim Karate Pelajar Festival Janadriyah ke-33 di Riyadh, tim pencak silat menjadi tamu kehormatan dari Kerajaan Arab Saudi pada Desember 2018 Indonesia berhasil meraih 4 medali emas dan 1 medali perunggu.
  • Kejuaraan International De La Province de Liege di Belgia 2017, tim Karate Pelajar Indonesia meraih 2 medali emas, 2 medali perak, dan 3 medali perunggu.
  • Kejuaraan Coupe International de Kaye 2016 di Luxemburg, tim peserta pelajar Indonesia meraih 2 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

KOSN SMA 2021 akan Dilaksanakan secara Daring/Online

KOSN XIII yang semula akan diselenggarakan di kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan dibatalkan karena Indonesia masih mengalami masa pandemi Covid-19. Agar jiwa kompetisi siswa terus terpupuk ditambah suasana pandemi yang tidak menentu dan membuat siswa patah semangat, Puspresnas mencoba suatu formula khusus agar siswa tetap dapat berkompetisi. Hal yang terberat adalah mengurangi jumlah cabang olahraga yang semestinya 5 cabor yakni, Atletik, Karate, Silat, Renang dan Bulutangkis menjadi 2 cabor yaitu Karate dan Silat itu pun hanya di kelas Kata perorangan putra/putri dan Silat Tunggal putra/putri karena kedua olahraga itu yang dapat dilaksanakan secara daring (online). Oleh karena itu, KOSN 2021 dilaksanakan seperti tahun 2020, yaitu dengan metode dalam jaringan (daring/online).

Baca juga: Download Juknis KOSN SMA Tahun 2021 PDF

Jadwal KOSN SMA Tahun 2021

Berikut adalah jadwal pelaksanaan kompetisi olahraga siswa nasional (kosn) tahun 2021 jenjang sma/sederajat :

  1. 10-24 Juni 2021 : Pendaftaran KOSN XIII SMA melalui laman : https://kosn.pusatrestasinasional.kemdikbud.go.id/
  2. Minggu Ke-2 Juni 2021 : Webinar KOSN XIII SMA melalui Media Sosial Pusat Prestasi Nasional
  3. Minggu Ke IV 2021 : Pengecekan Administrasi melalui kanal Youtube Pusat Prestais Nasional
  4. 24 Juni 2021 : Penutupan pendaftaran peserta ke tingkat Provinsi melalui laman : https://kosn.pusatrestasinasional.kemdikbud.go.id/
  5. 10 Juni-10 Juli 2021 : Pelaksanaan Seleksi Tingkat Provinsi bertempat di Provinsi masing-masing
  6. 11-18 Juli 2021 : Penjurian Tingkat Provinsi/Semifinal melalui laman : https://kosn.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
  7. 26 Juli 2021 : Pengumuman peserta ke tingkat Nasional oleh Dinas Provinsi melalui Penanggung Jawab KOSN
  8. 8-22 Agustus 2021 : Pembukaan Pendaftaran dan Unggah Video Baru Nasional untuk Jenjang SMA melalui media sosial Pusat Prestasi Nasional
  9. Minggu Ke II Agustus 2021 : Webinar Cabor melalui media sosial Pusat Prestasi Nasional
  10. 22 Agustus 2021 : Penutupan Pendaftaran Tingkat Nasional melalui Web
  11. Minggu Ke I September 2021 : Uji Keabsahan Finalis melalui laman : https://kosn.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
  12. 12-17 September 2021 : Pelaksanaan Seleksi Tingkat Nasional Secara Daring (online)
jadwal kosn sma tahun 2021 tomatalikuang.com
Jadwal Pendaftaran dan Seleksi KOSN SMA Tahun 2021


Jangan lupa selalu mengunjungi situs web tomatalikuang.com untuk mendapatkan informasi lomba siswa sma terbaru. 

Posting Komentar

0 Komentar