Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Jadwal dan Link Pendaftaran Diklat Guru Berbagi Seri Semangat Guru

Untuk mengisi waktu libur sekolah, bagi Bapak/Ibu guru yang berminat dapat mengikuti Diklat Fungsional Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru. Program bernama Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi tersebut diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) secara daring. Seri ini merupakan komitmen Ditjen GTK untuk terus melanjutkan Program Guru Berbagi yang berupa layanan berbasis digital.



Program Guru Belajar dan Berbagi

Program Guru Belajar dan Berbagi, Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi ini akan membantu guru dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi sebagai pendukung dalam kegiatan belajar mengajar.

Peserta diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru ini akan mendapat pengetahuan tentang pentingnya pemanfaatan teknologi pada metode pembelajaran campuran, perangkat teknologi yang bisa digunakan untuk metode pembelajaran campuran, tahapan-tahapan dalam menyusun konten pembelajaran digital menggunakan teknologi sederhana, berbagi macam pola komunikasi yang terjadi pada metode pembelajaran campuran, penerapan teknologi dan 4C pada pembelajaran, serta pentingnya kolaborasi dalam rangka penerapan teknologi untuk pembelajaran. Setelah menyelesaikan pelatihan dan pembekalan keterampilan non-teknis untuk beradaptasi dengan teknologi tersebut peserta akan mendapatkan sertifikat diklat fungsional.

Program pada seri ini akan berlangsung secara daring dan terbuka untuk semua guru mulai jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK/SMALB, kepala sekolah, pengawas sekolah, sampai tenaga administrasi sekolah yang telah memiliki akun SIMPKB. Program ini tersedia dalam enam modul belajar, modul tersebut antara lain Resilience: Tangguh dan Teknologi, Critical Thinking: Berpikir Kritis dan Teknologi, Creativity: Konten dan Teknik Penceritaan. Communication: Komunikasi Efektif, Empowered Teacher: Penerapan Kelas Campuran, Collaboration: Kolaborasi dan Dampaknya.

Kegiatan diklat Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru ini dilaksanakan secara daring dengan mode asynchronous sebanyak 20 jam pelajaran melalui pilihan interaktif dan asynchronous sebanyak 12 jam pelajaran melalui penugasan pada portal https://gurubelajardanberbagi.kemendikbud.go.id.

Tahapan Diklat

Pada setiap pelajaran, peserta yang mengikuti diklat ini akan menempuh beberapa tahapan. Tahapan tersebut antara lain:
1.    Peserta akan menyelesaikan tes pra penilaian di portal dari guru belajar dan berbagi.
2.    Peserta belajar bersama di webinar (synchronous)
3.    Peserta mengerjakan penilaian tengah dan diberikan tugas untuk belajar mandiri (asynchronous)
4.    Peserta dapat mengerjakan tugas, menonton kembali rekaman webinar dan mencari materi pendukung di portal daring guru belajar dan berbagi
5.    Setelah menyelesaikan semua tugas, peserta mengerjakan kuis penilaian akhir
Peserta harus melewati kelima tahapan tersebut sampai berhasil menyelesaikan semua enam pelajaran yang tersedia. Setelah mengerjakan seluruh tugas dan kuis yang terdiri dari 32 jam pelajaran, peserta akan mendapatkan sertifikat telah menyelesaikan program tersebut.

Peserta dapat mulai mengikuti program ini pada 30 Juni 2021 sampai dengan 11 Agustus 2021. Webinar interaktif sudah dijadwalkan setiap minggu selama hari Rabu pukul 13.00 - 15.30 WIB.

Bagi yang berminat mengikuti Diklat Fungsional melalui Diklat Fungsional Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru,dapat mulai mendaftar mulai tanggal 18 Juni 2021 - 27 Juli 2021. Adapun pelaksanaannya akan terbagi dalam 6 angkatan: Angkatan 1 dimulai pada 21 Juni 2021, Angkatan 2 dimulai pada 1 Juli 2021, Angkatan 3 dimulai pada 8 Juli 2021, Angkatan 4 dimulai pada 15 Juli 2021, Angkatan 5 dimulai pada 22 Juli 2021, dan Angkatan 6 dimulai pada 5 Agustus 2021.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Diklat Guru Berbagi Seri Semangat Guru dapat diakses melalui LINK INI.
Ikuti terus update informasi seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar