Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Juknis GSI SMP (Gala Siswa Indonesia SMP) Tahun 2021 Resmi

Gala Siswa Indonesia atau GSI antar Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2021 akan segera dilaksanakan. Ini merupakan amanah Presiden Republik Indonesia pada Rapat Terbatas 24 Januari 2017 mengenai percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal akan menjalin kerjasama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menggelar perhelatan ini.


 

Apa Itu GSI?

GSI adalah wadah peserta didik tingkat SMP untuk mengembangkan prestasi, minat, dan bakat dalam bidang sepakbola yang didukung dengan pembinaan kegiatan ekstrakulikuler di lingkungan sekolah. Penyelenggaraan GSI biasanya sangat diminati oleh peserta didik yang mencintai sepakbola sehingga dapat menghidupkan serta menumbuhkan atmosfir pertandingan sepakbola mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.


Menurut data Partisipasi GSI tahun 2020, jumlah peserta yang ikut bertanding adalah sebanyak 9.462 peserta didik yang berasal dari 932 sekolah. Seluruh sekolah ini merupakan perwakilan dari 464 Kecamatan, 104 Kabupaten/Kota, 30 Provinsi. Pada GSI tahun 2020 digelar 16 pertandingan tingkat nasional, sementara untuk tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi hanya melakukan seleksi daring atau online yang mengharuskan peserta didik untuk mengirimkan video sesuai dengan ketentuan dari panitia Pusat Prestasi Nasional.


Keberhasilan pelaksanaan GSI tidak terlepas dari dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh stakeholder, seperti sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Asosiasi PSSI Kabupaten/Kota/Provinsi, serta instansi terkait lainnya. Proses peningkatan prestasi peserta didik melalui program pembinaan dalam kegiatan ekstrakulikuler di sekolah juga berperan penting dalam memfasilitasi semangat para peserta didik yang mempunyai bakat dan minat di cabang olahraga sepakbola.

Petunjuk Teknis GSI SMP 2021

Petunjuk Teknis atau Juknis Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2021 telah disusun demi menjamin pelaksanaan GSI SMP tahun 2021 terselenggara dengan baik, selain itu juknis tersebut bisa dijadikan pedoman untuk panitia, peserta didik, pelatih, asisten pelatih, tim pemandu bakat, dan pihak terkait lainnya. Ini merupakan upaya Pusat Prestasi Nasional untuk tetap menyelenggarakan kompetisi GSI tingkat Nasional di masa pandemi ini meski harus digelar secara luring atau offline seperti tahun sebelumnya.


Di dalam Petunjuk Teknis atau Juknis GSI SMP Tahun 2021 disebutkan bahwa Penyelenggaraan GSI SMP tahun 2021 akan dilaksanakan dalam dua sistem, yaitu: 1). Secara daring atau online untuk tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi; serta 2). Secara luring/offline untuk tingkat Nasional.
Untuk sistem daring/online sendiri akan terdiri dari dua tipe, yakni sinkron dan asinkron. 

Daring sinkron adalah tipe yang terhubung di dalam waktu yang sama dan seketika (realtime), contohnya adalah dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, dan lain-lain. Daring asinkron adalah tipe daring yang tidak terhubung di dalam waktu yang sama dan seketika atau tertunda (tidak realtime), contohnya seperti video yang dapat diunduh, Youtube, Whatsapp, dan lain-lain. Penggunaan tipe daring sinkron lebih dikhususkan dalam kebutuhan bidang-bidang tertentu. 

Sementara itu, untuk sistem luring/offline merupakan sistem yang bertemu secara lansung atau tidak menggunakan jaringan internet, dan hanya dilakukan pada tingkat nasional bagi peserta yang mengikuti training centre dan pertandingan internal selama empat belas hari. Sistem luring/offline akan dilakukan oleh Panitia Nasional GSI SMP di kota penyelenggara yang telah ditunjuk oleh panitia tingkat nasional.
Adapun untuk mekanisme Pelaksanaan GSI SMP tahun 2021 akan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari seleksi di tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. 

Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat membacanya DI SINI.

Download Surat Keterangan Sekolah GSI SMP DI SINI.

Download Surat Pernyataan Peserta GSI SMP DI SINI.




Posting Komentar

0 Komentar