Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Juknis PPDB Madrasah RA MI MTs MA MAK Tahun Pelajaran 2021/2022 PDF (Resmi)

Petunjuk Teknis atau Juknis PPDB MI MTs MA MAK (Madrasah) Tahun Pelajaran 2021 telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor 7292 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2021/2022.



Tujuan Juknis PPDB

Tujuan dari ditetapkannya juknis ini, antara lain:
1.    Menjamin penerimaan peserta didik baru di madrasah RA, MI, MTs, MA/MAK dapat dilaksanakan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi sehingga mendorong adanya peningkatan akses pendidikan yang berkeadilan
2.    Menjadi pedoman bagi Kepala RA, MI, MTs, MA/MAK, orang tua siswa, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB)

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Nomor 7292 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (Juknis PPDB) Madrasah (MI, MTs, MA, MAK) Tahun Pelajaran 2021/2022, ruang lingkup dari juknis ini meliputi tata cara penerimaan pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Dikutip dari Petunjuk Teknis atau Juknis PPDB MI MTs MA MAK (Madrasah) Tahun Pelajaran 2021, berikut merupakan ketentuan umum mengenai PPDB pada RA, MI, MTs, MA/MAK yang tercantum:
1.    Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) RA dan Madrasah (MI, MTs, MA/MAK) dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) atau secara luring (luar jaringan atau manual)
2.    Penerimaan peserta didik baru pada madrasah harus memenuhi asas:
a.    Objektivitas, berarti PPDB maupun pindahan harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan
b.    Transparansi, berarti PPDB bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat luas demi menghindari berbagai penyimpangan yang mungkin terjadi
c.    Akuntabilitas, berarti PPDB ini dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat
d.    Tidak diskriminatif, berarti PPDB ini tidak membeda-bedakan suku, ras, golongan, dan status sosial ekonomi masyarakat
e.    Kompetitif, berarti PPDB ini dilakukan melalui seleksi berdasarkan kompetensi yang disyaratkan oleh satuan pendidikan tertentu
3.    PPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAPK), dan Madrasah Aliyan Kejuruan Negeri (MAKN) dilaksanakan secara daring dan secara nasional di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mulai bulan Januari s.d. Maret 2021, dengan tanggal 27-28 Februari 2021 sebagai waktu pelaksanaan tes dan tanggal 16 Maret 2021 pengumuman hasil kelulusan SNPDB. Untuk ketentuan PPDB MAN IC, MAN PK, MAKN yang lebih lengkap diatur dalam Petunjuk Teknis Khusus SNPDB MAN IC, MAN PK, MAKN Tahun 2021/2022.
4.    Madrasah Berasrama (MTs dan MA berasrama) melaksanakan PPDB pada rentang waktu bulan Maret 2021 s.d. bulan Mei 2021 untuk rangkaian seleksi sampai dengan pengumuman hasil (dengan rangkaian kegiatan PPDB yang ditentukan pada ketentuan yang diatur oleh satuan pendidikan masing-masing) dan/atau sesuai dengan kebijakan pada masing-masing wilayah.
5.    RA dan Madrasah (Selain MAN IC, MAN PK, MAKN, dan Madrasah Berasrama) melaksanakan kegiatan PPDB mulai bulan Mei s.d. bulan Juli dengan rangkaian kegiatan PPDB yang diatur oleh satuan pendidikan masing-masing) dan/atau sesuai dengan kebijakan masing-masing wilayah.

Proses pelaksanaan dan informasi PPDB Madrasah yang diselenggarakan oleh pemerintah wajib mengumumkan secara terbuka. Proses dan informasi mengenai PPDB tersebut antara lain:
a.    Persyaratan
b.    Sistem seleksi
c.    Daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar
d.    Hasil penerimaan peserta didik baru melalui papan pengumuman madrasah maupun media lainnya (website resmi madrasah, website Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, dan website Kanwil Kemenag Provinsi)

Jadwal PPDB Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022

Seperti yang dijelaskan pada Juknis PPDB MI MTs MA MAK (Madrasah) Tahun Pelajaran 2021/2022, berikut merupakan jadwal pelaksanaan PPDB Madrasah yang telah ditentukan:
1.    MAN IC, MAN PK, MAKN, Januari s.d. Maret 2021
2.    MI, MTs, MA, Negeri dan Swasta Berasrama, Maret s.d. Mei 2021
3.    MA Reguler Negeri dan Swasta Mei s.d. Juli 2021
4.    MA Program Keterampilan Negeri dan Swasta, Mei s.d. Juli 2021
5.    MTs Negeri dan Swasta, Mei s.d. Juli 2021
6.    MI Negeri dan Swasta Mei s.d. Juli 2021
7.    RA Mei s.d. Juli 2021

Download Juknis PPDB Madrasah T.P. 2021/2022

Untuk persyaratan calon peserta didik yang harus dipenuhi masing-masing jenjang dan informasi lebih lengkap dapat langsung melihat Juknis PPDB MI MTs MA MAK (Madrasah) Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dapat diunduh melalui tautan DI SINI.

Ikuti terus update seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar