Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Ini Tips Memilih SMA atau SMK Agar Tidak Bingung!

Jangan sampai melewatkan tips memilih SMA atau SMK agar nantinya tidak sampai salah pilih. Karena perlu disadari bahwa potensi dari setiap sekolah memang berbeda ketika dijadikan pilihan belajar.

Secara umum pemilihan tempat belajar tetap tergantung pada kompetensi siswa masing-masing. Apabila kemampuan mereka sesuai dengan visi sekolah maka dapat dijadikan pilihan.

tips memilih sma atau smk tomatalikuang.com
Tips Memilih SMA atau SMK


Selain dari minat siswa sendiri terdapat beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan agar pemilihan lebih akurat. Orang tua juga harus suportif terhadap kebutuhan dan kemampuan dari anak agar cocok memilih sekolah.

Tidak selamanya memilih berdasarkan prestasi tempat belajar saja cukup sebagai kriteria. Namun lebih baik jika terjadi kecocokan antara bagaimana sistem belajar dan pelajar sendiri dalam menjalaninya.

Selama pelajar memiliki kemauan tinggi dalam belajar maka tidak perlu memilih tempat menuntut ilmu yang bonafit. Bahkan tidak sedikit sekolah dari daerah terpencil menghasilkan prestasi luar biasa.

Bagi Anda para pencari tempat belajar, jangan langsung putus asa jika tidak dapat lolos dalam tahap seleksinya. Masih banyak pilihan lain untuk digunakan mengasah pengetahuan dan kemampuan.

Tips Memilih SMA atau SMK Berdasarkan Minat Siswa

Mengetahui minat seorang siswa adalah modal penting dalam memutuskan SMA mana yang akan dimasuki. Berikut ini tomatalikuang.com bagikan beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan pilihan.

1. Proyeksi Sekolah

Setiap instansi pendidikan pasti memiliki proyeksi prestasi tersendiri. Ada yang mengejar prestasi non akademik seperti olahraga. Namun ada juga SMA fokus mengejar prestasi akademik saja.

Apabila siswa memiliki potensi non akademik bagus maka lebih baik memutuskan pilihan pada SMA dengan proyeksi sama. Ini akan membantu Anda meraih prestasi dan mengembangkan potensi.

2. Potensi Sekolah

Setiap instansi pendidikan juga memiliki potensi tertentu tergantung pada koneksi mereka. Ada instansi dengan fokus utama ke perguruan tinggi sedangkan lainnya memilih jalur profesi.

Biasanya siswa yang ingin segera bekerja dianjurkan untuk memilih SMK. memang setiap instansi pasti memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para siswanya.

3. Biaya

Ini merupakan tips memilih SMA atau SMK yang paling terakhir. Alasannya adalah ada banyak cara untuk mengatasi masalah biaya. Banyak bantuan dari pemerintah agar peserta didik terbantu.

Jadi aspek biaya tidak perlu menjadi masalah terlalu besar. Namun sekali lagi, faktor ekonomi terkadang memang membuat beberapa keluarga harus lebih teliti dalam menentukan pilihan.

Ketiga aspek tersebut dapat dijadikan pertimbangan ketika memutuskan akan menuntut ilmu dimana. Jadi siswa bisa memaksimalkan potensinya baik di sektor akademik maupun non akademik.


Harus Pilih Mana, SMA atau SMK ?

Meskipun sudah mengetahui tips memilih SMA atau SMK namun tetap banyak perbedaan. Perdebatan antara memilih SMA atau SMK hingga saat ini masih selalu terjadi. Padahal keduanya memiliki potensi yang sama-sama besar.

Namun perlu disadari ada keterbatasan dari dua instansi tersebut. Misalnya jika memilih SMK maka ketika meneruskan di perguruan pengetahuan akademis akan sedikit tertinggal, terutama jika masuk bidang eksak.

Harus diakui bahwa SMK memang kurang dalam memberikan pengetahuan eksak bagi para muridnya. Memang ada beberapa instansi tertentu dengan kemampuan eksak tinggi namun tetap saja cukup beresiko.

Apabila seseorang memilih SMA maka kemampuan praktikalnya sudah jelas sangat kurang. Tidak banyak kegiatan praktikum dalam belajar mengajar kecuali pada akhir semester saja pada ujian praktik.

Minimnya pengaplikasian ilmu tersebut membuat lulusan SMA memiliki keterbatasan kemampuan. Akan sangat sulit langsung menemukan lapangan pekerjaan potensial dengan modal hanya teori saja.

Jadi jika seseorang ingin langsung merasakan bagaimana dunia kerja di usia dini SMA bukanlah pilihan bijak. Namun SMA menawarkan kelebihan dari sisi akademis dimana teori siswa lebih kuat.

Sehingga ketika meneruskan di perguruan tinggi, modal pengetahuan eksak mereka tidak jauh tertinggal. Ini membuat lulusan SMA akan mudah beradaptasi di lingkungan perkuliahan terutama jurusan sains.

Setelah mengetahui beberapa pertimbangan tadi pastinya Anda siap memilih mana tempat menuntut ilmu paling tepat. Jadikan tips memilih SMA atau SMK tadi sebagai referensi agar masa depan lebih cerah.

Posting Komentar

0 Komentar