Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Tips Mengatur Pola Jam Tidur Mahasiswa, Efektif!

 Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini terdapat banyak sekali orang yang mencari tips mengatur jam tidur mahasiswa. Hal tersebut terjadi karena memang banyak mahasiswa yang kesulitan dalam mengatur jam tidurnya.

Di samping itu, mungkin Anda sudah mengetahui bahwa mahasiswa identik dengan tugas yang menumpuk sehingga mereka harus mengerjakannya sampai larut malam atau begadang. 

Apalagi jika sedang dikejar deadline dan disaat masa kuliah sedang padat-padatnya, maka mau tidak mau mereka harus mengerjakannya sampai beres. Namun disisi lain, manusia juga bukan robot yang bisa terus menerus bekerja 24 jam non stop.

Mahasiswa juga manusia yang tentunya membutuhkan istirahat yaitu tidur. Namun saat ini kebanyakan mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengatur jam tidur mereka.

Begadang juga tentu sangat tidak baik bagi badan yang mana dapat merusak organ tubuh. Seseorang yang sering begadang biasanya akan menjadi lebih mudah lelah dan juga mudah stress.

Waktu tidur yang disarankan bagi orang mahasiswa adalah sekitar 7-8 jam sehari, dan jumlah tidur kurang dari bisa berakibat risiko pengurangan kesehatan fisik maupun mental.

Jumlah tidur ini juga sebaiknya diperoleh pada tidur malam atau bukan dari tidur siang, dalam beberapa kasus tidur siang akan sangat bermanfaat untuk mengembalikan energi untuk kembali produktif namun dalam keadaan normal, tidur siang mampu mengakibatkan berkurangnya durasi tidur malam, dan hal tersebut juga berdampak pada pergeseran waktu tidur maupun produktifitas. Tentu, anda tidak mau perkuliahan anda berantakan, karena alasan sakit diakibatkan kurang tidur.

Penting bagi mahasiswa untuk memiliki jam tidur terjadwal. Bangun di jam yang sama setiap hari dapat mengindikasikan teraturnya jadwal tidur berkualitas dan memiliki berbagai manfaat.

tips mengatu pola jam tidur mahasiswa tomatalikuang.com
Jam Tidur Mahasiswa


Oleh karena itu, tomatalikuang.com di artikel ini telah merangkum cara mengatur jam tidur mahasiswa sehingga bisa mempunyai hidup yang lebih sehat meski banyak tugas perkuliahan. Jika Anda sudah penasaran dengan tipsnya tersebut, maka perhatikan pembahasan di bawah ini.


Berikut Tips Mengatur Pola Jam Tidur Mahasiswa

Anda tentu tidak ingin hal buruk terjadi dalam hidup bukan? Apalagi jika Anda memiliki banyak sekali hal yang harus diurus. Maka dari itu tentu Anda harus menjadi produktif, salah satu caranya yaitu dengan mengatur jam tidur.

Mungkin Anda akan mengalami kesulitan diawal ketika mengikuti tips yang akan diberikan dalam artikel ini. Namun jika Anda berhasil konsisten, maka tips ini tentu akan sangat bermanfaat bagi hidup.


1. Berkomitmen untuk Hidup Secara Teratur dan Sehat

Jika Anda ingin memiliki pola tidur yang normal, maka tips mengatur jam tidur mahasiswa dengan membangun komitmen pada diri sendiri. Anda dapat memulainya dari hal kecil seperti rutin bangun pada jam yang sama setiap hari.

Pahamkan pada diri bahwa seluruh organ tubuh juga membutuhkan jam istirahat yang cukup. Lalu, tubuh juga perlu melakukan regenerasi dan detoksifikasi yang mana hal tersebut terjadi ketika tidur berlangsung.

2. Tidak Melakukan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Jika sudah berkomitmen, maka selanjutnya tentu mahasiswa sangat tidak direkomendasikan untuk mengerjakan tugas secara sks. Jika mendapatkan tugas dari dosen, maka langsung kerjakan tugas tersebut meski deadlinenya masih lama.

Kebanyakan mahasiswa melalaikan tugas karena deadlinenya masih lama, dan ketika deadline sudah mepet mereka langsung mengerjakan tugas tersebut dalam waktu semalam.

Hal tersebut tentu seperti menyiksa tubuh Anda, padahal Anda dapat mengerjakan tugasnya tersebut jauh dari sebelum deadlinenya atau menyicil tugas tersebut sehingga lebih ringan.


3. Menjaga Pola Hidup sehat

Jika tips sebelumnya dapat dikerjakan dengan baik, maka selanjutnya Anda perlu mempertahankan pola hidup itu. Tahap ini merupakan yang paling sulit untuk dilakukan, jadi jika Anda berhasil maka tentu hal itu sangat bagus untuk Anda.

Anda juga dapat membuatnya lebih sehat dengan cara rutin berolahraga, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi, makan secara teratur, dan juga tidak mengkonsumsi minuman keras atau mengandung alkohol.

4. Menghindari Menonton TV atau Film Sampai Larut Malam

Tips terakhir yaitu hindari menonton tv atau film sampai larut malam. Hal tersebut sangat mudah dilakukan sehingga jika terus berulang maka akan menjadi kebiasaan yang buruk dan membuat Anda kembali hidup tidak sehat.

Keempat tips diatas tentu dapat membuat para mahasiswa memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dan sehat. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti tips mengatur pola jam tidur mahasiswa ini secara serius sehingga dapat mewujudkannya.

Posting Komentar

0 Komentar