Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Bagi Guru yang Terdaftar di Dapodik Dua Sekolah, Cek Data Rincian PTK Segera

Bagi guru yang terdaftar di Dapodik Dua Sekolah atau lebih diminta untuk melakukan Cek Data Guru melalui website verval PTK atau ptk.datadik.kemendikbud.go.id. Ini dilakukan karena adanya proses Merge PTK.


 

Melalui website dapo.kemendikbud.go.id dinyatakan bahwa dalam rangka peningkatan kualitas Data Pokok Pendidikan yaitu pada Entitas Pendidik dan Tenaga Pendidikan maka Kami melakukan proses Merge PTK. Merge PTK merupakan perlakuan sistem untuk menggabungkan data PTK ganda supaya menjadi satu. Data ganda terjadi karena pencatatan data PTK dilakukan lebih dari satu kali dalam sistem Dapodik.

Kriteria Proses Merge PTK

Berikut ini kriteria yang dilakukan dalam proses merge PTK:

1. PTK ganda dengan status induk di sekolah A dan non induk di sekolah B, maka sistem memilih data PTK sekolah B digabungkan ke sekolah A;

2. PTK ganda dengan status induk di 2 sekolah, maka sistem akan memilih data PTK digabungkan ke sekolah berdasarkan keaktifan mengajar;

3. PTK ganda dengan 2 status kepegawaian (PNS dan Non-PNS), maka sistem akan memilih data data PTK dengan status kepegawaian PNS;

4. PTK ganda di 2 sekolah dengan status sama-sama non induk, maka sistem memilih data PTK berdasarkan keaktifan mengajar dan JJM terbanyak.

Cara Cek Merge PTK

Merge PTK ini bisa memberikan dampak terhadap data rinci PTK mulai dari Riwayat Pendidikan Formal, Riwayat Gaji Berkala, Riwayat Karir, dan lainnya. Bagi PTK yang berdampak dapat memeriksakan kembali data rinci PTK melalui website https://ptk.datadik.kemendikbud.go.id/ dan dapat memperbaiki data melalui Aplikasi Dapodik dan/atau melalui Dinas Pendidikan.

Jika PTK benar-benar bertugas di 2 sekolah, solusinya Anda dapat melaporkannya ke Admin Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota agar dapat diberikan penugasan di sekolah non induk melalui manajemen dapodik di website https://datadik.kemendikbud.go.id/.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara cek rincian merge PTK. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk terus ikuti update seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.

Posting Komentar

0 Komentar