Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, atau Kuningan Agar Tidak Tertipu

 Mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu, atau kuningan sangat penting untuk diketahui oleh semua orang agar tidak mudah tertipu. Terlebih, logam mulia tersebut rawan disalahgunakan karena digunakan sebagai investasi dan juga digunakan sebagai perhiasan dan komponen elektronik. Bahkan, hingga hari ini harga emas tetap stabil di kisaran Rp800.000-Rp900.000 an per gram nya. Dan dipredikasi akan terus mengalami kenaikan.

Di kalangan masyarakat sendiri, mereka memiliki cara yang beragam untuk memeriksa keasliannya. Produsen besar seperti Antam bahkan menggunakan teknologi khusus sebagai jaminan otentik. Selengkapnya, simak ulasan dari tomatalikuang.com di bawah berikut ini.

cara membedakan emas asli dan palsu atau kuningan tomatalikuang.com
Perbedaan Emas Asli dan Palsu


Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, atau Kuningan Agar Tidak Tertipu

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk membedakan antara emas asli dan palsu seperti dari bahan kuningan. Mulai dari melihat dari segi kilaunya, menggunakan cairan kimia, hingga melihat keberadaan sertifikatnya.


1. Perhatikan baik-baik dari segi kilaunya

Memperhatikan tingkat kecerahan dari kilau sebuah logam mulia seperti emas adalah metode yang paling mudah dilakukan. Hanya saja, dibutuhkan kejelian dan jam terbang tinggi jika ingin menguji keaslian benda tersebut.

Ciri-ciri umum yang tampak jika emas tersebut asli adalah munculnya kilau berwarna kuning yang cerah dan sangat terang. Sedangkan bahan kuningan meninggalkan siluet berupa cahaya buram dan agak sedikit gelap.


2. Uji dengan cairan asam

Penggunaan bahan kimia untuk mendeteksi keaslian emas seperti zat asam klorida merupakan metode yang sangat ampuh dan banyak digunakan. Caranya cukup mudah karena hanya diteteskan pada permukaan dan menunggu reaksinya.

Dalam beberapa kasus, cairan asam klorida tidak akan bereaksi pada logam seperti emas asli. Namun jika dicoba pada kuningan, akan terlihat reaksi unik berupa munculnya gelembung seolah permukaannya akan terkelupas.


3. Periksa ketersediaan sertifikat

Cara membedakan emas asli dan palsu, atau kuningan bisa dilihat lewat ketersediaan sertifikat sebagai bukti otentik. Beberapa penyedia resmi seperti Antam selalu memberikan lembar tersebut di setiap pembelian produk logamnya.

Sertifikat tersebut biasanya berisi keterangan seperti keaslian emas, berat, kadar, hingga ukuran. Sebaliknya, logam seperti kuningan yang dipalsukan seolah-olah terlihat seperti emas sudah pasti tidak memiliki sertifikat resmi seperti Antam.


4. Perhatikan bekas yang ditinggalkan

Logam mulia seperti emas memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari logam lainnya seperti kuningan. Hal ini semakin jelas terlihat lewat pengujian dengan cara dilihat bekasnya setelah digores pada keramik.

Jika menyisakan jejak keemasan, bisa dipastikan logam mulia itu benar-benar emas asli. Namun jika meninggalkan corak kehitaman, jelas bahwa bahan pada kandungan tersebut adalah kuningan atau biasa disebut barang imitasi.


5. Gunakan aplikasi untuk membedakan

Cara membedakan emas asli dan palsu, atau kuningan juga bisa dengan cara menggunakan aplikasi khusus seperti CertiEye. Logam mulia produksi Antam dikenal berkualitas karena keasliannya telah diuji lewat teknologi tersebut.

Teknologi pada CertiEye digunakan oleh Antam guna menambah keamanan pada logam mulia batangan produksinya. Masyarakat awam juga bisa menggunakannya dengan cara mengunduh aplikasinya di iOS maupun Android, untuk memeriksa keaslian emas.


6. Libatkan ahli jika masih ragu-ragu

Jika Anda masih meragukan keaslian dari emas tersebut, alternatif lainnya yang bisa dipilih adalah dengan meminta bantuan dari ahli untuk melihat keotentikkannya. Mereka biasanya memiliki beberapa metode tertentu ketika memeriksa. 

Para ahli logam profesional tidak hanya menguji keaslian logam mulai tersebut lewat ciri-ciri fisik maupun dengan melihat sertifikatnya, tapi juga menggunakan alat yang disebut sebagai gold tester karena lebih akurat.


Sebagai salah satu logam mulai yang banyak dicari, logam mulia tersebut rawan dipalsukan. Mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu, atau kuningan adalah salah satu teknik agar tidak mudah tertipu.

Posting Komentar

0 Komentar