Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

7 Cara Menentukan Passion dan Minat untuk Masa Depanmu, Penting!

 Semakin memasuki usia dewasa, ada banyak hal yang mulai dikhawatirkan seseorang dan tak jarang membuat overthinking hingga berakhir insecure. Salah satu yang sering membuat galau adalah dalam menentukan passion dan minat. Bagaimana sih cara menentukan passion dan minat ini? Di saat teman-teman seumuran kamu sudah mulai meniti karir sesuai passion dan minat mereka, kamu masih galau apa sebenarnya passion kamu.

Buat kamu yang sedang merasakan hal ini, padahal sebentar lagi akan memasuki dunia perkuliahan atau dunia kerja, kamu tidak sendiri. Menemukan dan menentukan passion dan minat kenyataannya bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak orang yang merasa terlambat menemukan passion dan minat ini di saat teman-teman seumurannya sudah sukses.

Tidak ada yang namanya terlambat. Kamu bisa mulai mencari passion dan minat kamu dari sekarang. Yuk ikuti cara-cara yang tomatalikuang.com bagikan di bawah ini untuk menentukan passion dan minat untuk masa depanmu yang cerah.


cara menentukan passion minat tomatalikuang.com

Apa itu Passion?

Passion adalah sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar seseorang. Dilakukan secara terus menerus, tidak pernah merasa bosan, tidak memikirkan untung dan rugi, serta jika tidak dilakukan akan merasa ada sesuatu yang kurang.

Contoh Passion

Passion saya adalah melukis. Saya mengambil kelas seni malam seminggu sekali dan mencoba mencari waktu setiap akhir pekan untuk melukis. Melukis adalah cara yang baik bagi saya untuk bersantai setelah seminggu yang sibuk. Saya juga merasa bahwa hal itu membantu saya untuk menjadi lebih kreatif dalam aspek lain dalam hidup saya. Beberapa solusi paling kreatif saya untuk masalah pekerjaan datang ketika saya melukis di studio.


Apa yang dimaksud dengan Minat? dan Contohnya

Menurut KBBI, Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Minat merupakan sinonim dari gairah dan keinginan. Sehingga, minat dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhan.

Berikut adalah contoh-contoh dari minat:

  • Terlibat dalam komunitas/organisasi
  • Menjadi sukarelawan di perusahaan, klub, acara, dan organisasi lokal
  • Menghadiri acara, pertunjukan, dan pameran
  • Berpartisipasi dalam acara penggalangan dana
  • Memelihara blog pribadi
  • Menjadi anggota kelompok sosial, lingkungan atau hak-hak hewan
  • Berpartisipasi dalam kampanye
  • Menyiapkan makanan untuk acara
  • Mengikuti berita bisnis dan keuangan
  • Membaca majalah bisnis dan keuangan
  • Menjadi anggota badan profesional
  • Bermain catur dan permainan puzzle
  • Bermain olahraga individu (lari, berenang, bersepeda, dll.)
  • Bermain olahraga tim (sepak bola, kriket, bola basket, tenis, dll.)
  • Mentoring atau pembinaan
  • Membangun dan memperbaiki komputer
  • Merancang dan mengembangkan situs web
  • Menyiapkan jaringan komputer
  • Bermain catur dan permainan puzzle
  • Mengikuti perkembangan teknologi terkini
  • Merancang seni
  • Menggambar, membuat sketsa, melukis, dll. dengan tangan
  • Menggunakan program komputer untuk mendesain
  • Fotografi
  • Bermain musik
  • Memasak dan memanggang
  • Pergi keluar dan makan di restoran
  • Membuat masakan baru
  • Menonton Food Channel atau program TV terkait makanan lainnya (misalkan: MasterChef)
  • Membaca (buku fiksi dan nonfiksi, majalah, dll)
  • Menulis (postingan blog, artikel, puisi, buku, dll.)
  • Mempelajari keterampilan baru
  • Memancing
  • Travelling

7 Cara Menentukan Passion dan Minat yang Wajib Kamu Coba

Buat kamu yang belum berhasil menentukan passion dan minat, tidak ada kata terlambat. Kamu dapat menentukan passion dan minat dengan 7 cara berikut ini:


#1 Kenali Diri Sendiri Lebih Dalam

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk bisa menentukan passion dan minat adalah dengan lebih mengenali diri sendiri. Orang yang paling bisa mengenal dirimu sebenarnya adalah dirimu sendiri. Kamu bisa mengetahui mana yang terbaik untuk dirimu dan mana yang membuatmu tidak nyaman. Pastikan juga kamu akan memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan selalu pertimbangan ketika ingin melakukan sesuatu.


#2 Terbuka Terhadap Hal-Hal Baru

Setelah mengenali diri sendiri, kamu juga harus terbuka terhadap hal-hal baru jika ingin menentukan passion dan minat. Kamu akan mengetahui hal-hal yang membuatmu bahagia, nyaman, atau tidak dengan mencobanya. Cobalah satu per satu bidang yang menurutmu menarik, dari sana kamu akan tahu mana yang terbaik untukmu yang akan kamu perjuangkan untuk masa depanmu.


#3 Berani Mencoba

Setelah terbuka terhadap hal-hal baru, kamu juga harus berani mencoba. Banyak orang gagal menentukan passion dan minat karena tidak berani mencoba. Takut kalah, takut diejek, takut hasilnya tidak banyak adalah bagian tidak berani mencoba. Katakan pada diri sendiri bahwa kekalahan yang sesungguhnya adalah ketika kamu tidak berani mencoba. Dengan mencoba peluang kamu dapat menentukan passion dan minat juga akan semakin besar.


#4 Perluas Pergaulan dan Pertemanan

Cara empat yang harus kamu lakukan untuk menentukan passion dan minat adalah dengan memperluas pergaulan dan pertemanan. Relasi menjadi kekuatan utama buat kamu yang ingin memiliki karir yang baik. Relasi ini dapat kamu ciptakan dengan memperluas pergaulan dan pertemanan. Di era teknologi seperti sekarang ini ada berbagai cara untuk memperluas pergaulan dan pertemanan baik secara langsung ataupun melalui media sosial. Semakin luas pergaulan dan pertemananmu, maka akan semakin membantumu dalam menentukan passion dan minat ini.


#5 Miliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Cara menentukan passion dan minat keempat yang dapat kamu lakukan adalah dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi pastinya akan banyak belajar dan mencoba hal-hal baru. Ini sangat membantu buat kamu yang ingin menentukan passion dan minat, jadi mulai miliki rasa ingin tahu yang tinggi ini dari sekarang.


#6 Buatlah Prioritas dan Lebih Fokus

Setelah melakukan semua cara di atas, ini saatnya kamu membuat prioritas dan mulai fokus dengan hal yang ingin kamu lakukan. Kamu tidak mungkin memilih banyak passion dan minat untuk dilakukan, jadi penting bagi kamu untuk membuat prioritas ini, Pilihlah salah satu yang menurutmu paling baik dan jadikan hal tersebut sebagai prioritas, lalu fokuslah dengan pilihanmu tersebut.


#7 Miliki Komitmen

Semua hal yang telah kamu lakukan di atas tidak ada artinya jika kamu tidak memiliki komitmen. Berkomitmenlah untuk mendalami hal yang telah kamu pilih tersebut. Komitmen ini sangat penting untuk kamu miliki. Dengan memiliki komitmen ini kamu tidak akan mudah menyerah ketika ada kendala dalam mewujudkan impian dari passion dan minat yang telah kamu tentukan sebelumnya.


Pertanyaan yang Akan Membantumu Menentukan Passion dan Minat

Setelah menggunakan cara-cara di atas untuk menentukan passion dan minat, kamu juga bisa menggunakan beberapa pertanyaan berikut ini untuk lebih mudah menentukan passion dan minat ini. Apa saja pertanyaan-pertanyaan tersebut?


1. Apa yang Membuatmu Merasa Bersinar Saat Melakukannya?

Pertanyaan pertama yang dapat kamu tanyakan untuk membantu menentukan passion dan minat adalah apa yang membuatmu merasa bersinar saat melakukan sesuatu? Ada hal-hal yang membuat seseorang merasa bersinar dan lebih percaya diri ketika melakukan sesuatu. Misalnya, seorang penulis yang merasa bersinar dan percaya diri ketika menulis sebuah novel, meski novel itu belum terbit dan menghasilkan uang. Coba kamu tanyakan ke dirimu sendiri, bisa jadi itu passion dan minat yang kamu miliki.


2. Apa yang Sangat Kamu Yakini Disaat Orang Lain Tidak Yakin?

Ketika kamu mampu meyakini sesuatu yang disepelekan orang lain, itu artinya kamu memiliki suatu keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Pertanyaan ini cukup menantang karena akan membuatmu beda dari orang lain. Jika kamu berhasil menjawab pertanyaan ini, itu artinya kamu sudah berhasil menemukan passion dan minat yang kamu cari.


3. Apa Kekuatanmu?

Sama seperti pertanyaan hal apa yang membuatmu merasa bersinar, pertanyaan apa kekuatanmu juga dapat membantumu menemukan passion dan minat. Kekuatan yang dimiliki oleh seseorang akan membuat orang tersebut berusaha sekuat mungkin untuk tidak menyerah.


4. Hal Apa yang Ingin Kamu Coba Saat Ini?

Tanyakan padamu, “Apa yang ingin kamu coba saat ini?” Seperti penjelasan di atas mencoba adalah salah satu cara menentukan passion dan minat, ini akan lebih mudah jika kamu memiliki sesuatu yang ingin kamu coba. Cobalah satu per satu hal-hal yang membuatmu tertarik dan temukan passion serta minat yang selama ini kamu cari.


5. Apa Rencanamu 20-30 Tahun yang Akan Datang?

Selain membicarakan keinginan saat ini, membayangkan masa depan juga akan membantumu menentuntukan passion dan minat. Apa rencanamu 20-30 tahun yang akan datang? Tanyakan pertanyaan tersebut dan buatlah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mewujudkan rencanamu tersebut.


6. Kalimat Apa yang Paling Menggambarkan Dirimu?

Pertanyaan terakhir yang dapat kamu tanyakan kepada diri sendiri adalah kalimat apa yang paling menggambarkan dirimu? Selain dapat dijadikan cara menentukan passion dan minat, pertanyaan ini juga dapat membantumu menemukan jati dirimu.


Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menentukan passion dan minat yang dapat kamu lakukan. Menentukan passion dan minat bukan sesuatu yang sulit. Ada banyak orang yang akhirnya menemukan passion dan minat ini, kemudian bahagia karena dapat melakukan pekerjaan sesuatu passion dan minat yang ia miliki.

Posting Komentar

0 Komentar