Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Download Buku Pedoman SATRIA Data Tahun 2021 PDF (Resmi)

 Di bawah ini adalah download pdf buku pedoman / panduan statistika ria dan festival sains data (satria data) tahun 2021 daring/online resmi dari puspresnas, kemendikbudristek ri.

pedoman satria data tahun 2021 pdf daring pusat prestasi nasional tomatalikuang.com
Pedoman SATRIA Data Tahun 2021


Buku Pedoman Satria Data Tahun 2021

Pusat Prestasi Nasional kembali akan menyelenggarakan kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA). Hal ini sebagai upaya dari Pusat Prestasi Nasional untuk meningkatkan soft skill, teknologi, informasi, data, dan sumber daya manusia.

Kompetisi ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada. Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang statistika, data sains, teknologi informasi dan ilmu digitalisasi. Kemampuan soft skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.


Satria Data 2021 Akan Dilaksanakan Secara Daring

Kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) akan dilakukan secara daring dari awal sampai akhir menyesuaikan dengan kondisi pandemik COVID- 19, kondisi demikian tidak menurunkan semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini. Penyelenggaraan kompetisi Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) merupakan dukungan Pusat Prestasi Nasional terhadap perkembangan keilmuan statistika dan sains data secara umum.

Kompetisi ini diharapkan juga mampu menjadi trigger bagi terjalinnya jejaring kerjasama pendidikan yang lebih kuat antar perguruan tinggi di Indonesia, dan jejaring kerjasama antara perguruan tinggi dan industri terapannya, serta peningkatan kualitas mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.

Petunjuk pelaksanaan ini disusun agar penyelenggaraan kegiatan Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) di tingkat perguruan tinggi, sampai kepada tingkat nasional dapat terlaksana dengan baik.


Bidang Lomba Satria Data 2021

Berikut adalah daftar kegiatan lomba kompetisi statistika ria dan festival sains data (satria data) tahun 2021 :

  1. National Statistics Competition (NSC)
  2. Statistics Essay Competition (SEC)
  3. Statistics Infographic Competition (SIC)
  4. Big Data Challenge (BDC).

Berupa kegiatan kompetisi yang mengukur kemampuan mahasiswa dalam bidang statistika, sains data, serta penerapannya. Tidak hanya kemampuan hardskill dalam bidang statistika dan sains data yang akan dikompetisikan, namun juga kemampuan softskill seperti komunikasi, visualisasi, kerjasama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks.


Tahapan Kegiatan SATRIA DATA 2021

1. Pengumuman dan Sosialisasi : 1 Juni – 17 Agustus 2021

2. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Lomba :

SATRIA DATA 2021 SIC SEC BDC NSC
Pendaftaran Peserta 18 Agustus – 18 September 2021 18 Agustus – 18 September 2021 18 Agustus – 18 September 2021 18 Agustus – 18 September 2021
Batas akhir waktu penyampaian karya 18 Oktober 2021 18 Oktober 2021 - -
Tahap Penyisihan - - 1-30 Oktober 2021 2 Oktober 2021
Pengumuman Semifinalis - - 1 November 2021 9 Oktober 2021
Tahap Semifinal - - 1-3 November 2021 23 Oktober 2021
Pengumuman Finalis 9 November 2021 9 November 2021 9 November 2021 9 November 2021
Tahap Final 22 November 2021 23 November 2021 24 November 2021 25 November 2021

3. Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Wawasan dan Credit Earning :

Seminar Nasional Talk Show Motivation Show Kuliah Online untuk Credit Earning
Pendaftaran Peserta 20 Oktober – 20 November 2021 20 Oktober – 20 November 2021 20 Oktober – 20 November 2021 1-28 Agustus 2021
Pelaksanaan 27 November 2021 26 November 2021 26 November 2021 1 September – 2 Oktober 2021

Persyaratan Peserta Satria Data 2021

Berikut adalah persyaratan peserta kompetisi statistika ria dan festival sains data (satria data) tahun 2021 :

  1. Peserta adalah mahasiswa program pendidikan sarjana (S1) atau diploma (D3/D4) di perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia dan berstatus mahasiswa aktif selama proses rangkaian kompetisi berlangsung, ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku dan surat pengantar resmi dari perguruan tinggi (ditandatangani oleh Wakil Rektor/Direktur/Pimpinan bidang kemahasiswaan di perguruan tinggi).
  2. Mahasiswa peserta dan dosen pembimbing terdaftar di PDDIKTI (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi) dan berasal dari perguruan tinggi dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  3. Dosen pembimbing berasal dari perguruan tinggi peserta lomba untuk National Statistics Competition (NSC) dan dari perguruan tinggi ketua tim peserta untuk Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC).
  4. Kepesertaan untuk kategori lomba NSC adalah perorangan (individu).
  5. Kepesertaan untuk kategori lomba SEC, SIC, dan BDC adalah tim peserta yang terdiri dari 3 (tiga) orang dengan satu orang sebagai ketua dan dua orang sebagai anggota. 
  6. Ketua tim peserta kategori lomba SEC, SIC, dan BDC harus berasal dari program studi rumpun Ilmu Formal (Statistika, Sains Data, Statistika dan Sains Data, Matematika, Aktuaria, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, dan Informatika).
  7. Setiap peserta diperbolehkan mengikuti maksimum 2 (dua) kategori lomba.
  8. Peserta NSC diperbolehkan mengikuti kategori lomba SEC, SIC, atau BDC sebagai anggota.
  9. Jika peserta mengikuti 2 (dua) kategori lomba SEC, SIC, atau BDC, maka yang bersangkutan hanya diperbolehkan menjadi ketua pada salah satu tim peserta atau menjadi anggota pada kedua tim peserta.
  10. Sesuai dengan semangat Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, setiap tim5 peserta kategori lomba dapat terdiri dari anggota yang berasal dari program studi/departemen/jurusan yang berbeda baik pada perguruan tinggi yang sama maupun perguruan tinggi yang berbeda.
  11. Untuk seluruh kategori lomba (NSC, SEC, SIC, dan BDC), setiap perguruan tinggi diperbolehkan mengirimkan masing-masing kategori lomba maksimal 20 (dua puluh) perwakilan atau tim peserta. Perhitungan kuota perwakilan/tim peserta didasarkan pada asal perguruan tinggi dari peserta (untuk NSC) atau ketua tim peserta (untuk SEC, SIC, dan BDC).
  12. Peserta yang tidak memenuhi syarat (butir a s.d. k) dianggap gugur/diskualifikasi.
  13. Peserta yang lolos sebagai semifinalis atau finalis wajib mengikuti rangkaian kegiatan semifinal atau final yang diadakan secara online pada tanggal yang telah ditentukan oleh panitia.
  14. Himbauan bagi peserta untuk melakukan diskusi dan kerja secara daring atau luring dengan memperhatikan protokol kesehatan.
  15. Apabila ada kesalahan atau kekurangan dalam Petunjuk Pelaksanaan ini maka akan diperbaiki di kemudian hari dan diumumkan melalui website https://satriadata.ipb.ac.id.

Selengkapnya bisa anda baca pada file buku petunjuk pelaksanaan (juklak / juknis) kompetisi statistika ria dan festival sains data (satria data) tahun 2021 pdf di bawah ini.


Download Pedoman SATRIA Data Tahun 2021 PDF

Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut:

 atau bisa langsung Anda baca filenya berikut ini:


Demikian Download Buku Pedoman SATRIA Data Tahun 2021 PDF (Resmi!). Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar