Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Homeschoolling atau Sekolah Formal, Mana yang Lebih Baik?

 Homeschoolling atau sekolah formal menjadi dua metode pembelajaran untuk anak yang bisa dipilih oleh orang tua. Jika, ada pertanyaan harus pilih mana? Mungkin, jawabannya cukup sulit karena, keduanya memberikan kualitas.

Tetapi, untuk menentukannya tidak boleh sembarangan. Walaupun, keduanya mempunyai persamaan. Namun, hasil akhirnya nanti tetap berbeda. Kondisi tersebut baru akan terlihat nanti setelah beranjak usia dewasa setidaknya usia 17 tahun.

Mulai dari sikap, cara bergaul, sampai mengatasi berbagai masalah kedepannya. Perlu diketahui sebagai orang tua Anda tidak akan menemaninya terus-menerus. Lalu, bagaimana kalau mereka sedang menghadapi sebuah masalah?

Sedangkan, putra atau putri Anda tidak dibekali dengan problem solving yang baik. Jadi, dalam memberikan hak belajar, usahakan mencakup kemampuan teknis serta non teknis. Agar kecerdasannya terbentuk secara alami.

Perlu diingat kesuksesan bukan hanya berasal dari akademik saja. Melainkan, disertai dengan koneksi serta jaringan luas. Dari berbagai kenyataan tersebut, masih menjadi pertanyaan bukan lebih baik homeschoolling atau sekolah formal?

homeschoolling atau sekolah formasi tomatalikuang.com
Homeschoolling vs Sekolah Formal


Perbedaan Homeschoolling atau Sekolah Formal

Ada banyak perbedaan yang bisa dilihat dari kedua cara belajar tersebut. Dimulai dari kedisiplinan waktu. Mungkin, banyak yang berpikir sebenarnya, pergi ke sekolah mereka akan disiplin karena, ada jadwal.

Sayangnya tidak, justru di Rumah anak akan lebih disiplin mematuhi segala aturan yang ada. Hanya saja, semua bergantung kepada orangtua sendiri. Bila mampu bersikap keras kepada buah hati pasti berhasil.

Tetapi, kalau terus melunak atas dasar rasa belas kasih. Hasilnya tidak jauh berbeda justru lebih parah. Jadi, sebagai orang tua harus siap dengan segala konsekuensinya. Harus seperti apa dan bagaimana.

Poin selanjutnya adalah biaya yang harus dikeluarkan selama satu tahun. Jika, sekolah formal keperluannya cukup banyak. Mulai dari buku pelajaran, uang gedung, seragam, serta kebutuhan lainnya.

Belum lagi uang jajan dan untuk mengerjakan tugas. Lalu, bagaimana dengan biaya homeschoolling sendiri? Apakah angkanya jauh lebih mahal atau justru lebih murah dibandingkan pendidikan formal?

Berdasarkan data dan fakta di lapangan kebutuhannya cukup besar. Tergantung dari paket mana yang akan dipilih. Ditambah lagi, kalau jaraknya cukup jauh. Beberapa perusahaan akan membebankannya kepada orang tua. 

Jika dilihat serta dibandingkan antara biaya homeschoolling dan sekolah formal. Sebenarnya tidak jauh berbeda. Semua bergantung dari pemilihan fasilitas. Ada lagi yang lain? Coba simak perbedaannya di bawah ini!


Materi Belajar Homeschoolling atau Sekolah Formal

Untuk mengetahui mana yang lebih baik bisa dimulai dari bagaimana materi pembelajarannya. Dimana menempuh pendidikan bersama guru dan teman seluruh konsepnya sudah dibuat, kurikulumnya juga disesuaikan kebutuhan zaman seperti apa.

Misalnya, saat ini sistemnya tidak hanya sekedar teori saja melainkan, bagaimana praktiknya. Inilah kelebihan sekolah formal dibandingkan homeschoolling dimana, orang tua tahu sampai dimana kemampuannya dengan orang lain.

Perlu diketahui bahwa, diluar sana pasti ada yang lebih bagus mulai dari segi kemampuan non dan akademik. Sebagai orang tua, harus mengerti serta paham benar. Mana kelemahan serta kelebihannya.

Dengan begini, peluang untuk meraih kesuksesan akan semakin besar. Bagaimana kalau sekolah hanya dari Rumah saja? Sebenarnya, tidak jauh berbeda bahkan kurikulum bisa dipilih sesuai keinginan orang tua.

Hanya saja Anda tidak tahu seberapa kemampuannya secara menyeluruh. Mungkin, pengajar akan memberikan hasilnya sesuai cara pandang merek tetapi, hanya pada satu sisi saja, bagaimana dengan lainnya? 


Lingkungan Belajar Homeschoolling atau Sekolah Formal

Poin kedua adalah lingkungan belajar sebenarnya, tidak perlu ada pembahasan lebih lanjut pasti semua orang sudah tahu. Lalu, bagaimana risiko keduanya untuk anak? Bisa dilihat dari segi pergaulan.

Buah hati menjadi susah bergaul terhadap semua orang. Mungkin, bisa memiliki kawan atau sahabat suatu saat. Hanya saja, terkesan pilih-pilih karena, selama ini mereka bertemu teman sepantaran. 

Cenderung lebih suka menyendiri dan menghindari kerumunan. kondisi tersebut tidak baik bila ingin sukses. Hanya saja risiko mendapatkan lingkungan buruk dapat dihindari. Berbeda saat buah hati bebas pergi kemana saja.

Apakah dapat dipastikan sahabat tersebut baik atau buruk? Tidak ada jaminan soal hal tersebut. Oleh karena itu, perlu peran orang tua karena baik Homeschoolling atau sekolah formal pasti memiliki risiko.

Besar atau kecilnya tergantung dari peranan Ayah dan Ibu. Semakin tidak terpantau, maka hasilnya akan buruk. Buah hati pasti mencari seorang teman untuk berbagi kisah serta keluh kesah.


Perkembangan Belajar Homeschoolling atau Sekolah Formal

Poin selanjutnya adalah melihat bagaimana perkembangan belajarnya. Ketika memilih pendidikan secara formal sebenarnya, sangat bagus karena, seluruh fasilitasnya tampak lengkap. Jadi, perkembangannya dapat dilihat secara langsung pada saat itu juga.

Inilah kelebihan sekolah formal dibandingkan homeschoolling. Tetapi, apakah benar seperti itu? Coba perhatikan saat Anak Anda belajar dari Rumah. Perkembangannya jauh lebih baik sebenarnya. Hal ini dipengaruhi oleh tenaga pengajarnya.

Tidak harus memperhatikan banyak murid. Jadi, fokus hanya pada satu orang. Jika, ada kesalahan dapat menegur kemudian langsung memberitahu dan memperbaiki. Bahkan, sampai bisa kondisi tersebut sulit didapatkan di sekolah.

Sampai disini, apakah sudah tahu harus mau pilih mana antara Homeschoolling atau sekolah formal? Sebelum memutuskan, simak dulu bagaimana perkembangan selanjutnya. Dimana seorang tenaga pengajar mampu mengembangkan potensi.

Misalnya, mereka paham kalau buah hati Anda ini bagus dibidang sesuatu. Maka, tenaga pengajar akan mencoba memanfaatkannya untuk terus dikembangkan setiap harinya. Pertumbuhannya lebih terjamin dan terlihat secara nyata.

Inilah alasan mengapa beberapa orang mengatakan bahwa, Homeschooling lebih efektif dan efisien dari pendidikan formal. Jadi, tujuan menempuh pendidikan jadi lebih paham serta terarah sejak dini.


Lebih Sehat Homeschoolling atau sekolah formal

Poin terakhir yang dijadikan pertimbangan adalah dari sisi kesehatannya. Dilihat dari mentalnya saat belajar dari Rumah memang sangat berbeda. Kurang bagus karena, proses interaksi pasti berkurang anak tidak bertemu siapa-siapa.

Hanya saja, dari segi kesehatan jauh lebih baik. Perlu diingat bila diluar pasti ada banyak polusi udara. Makanan serta minumannya juga kurang dijaga. Buah hati Anda dapat jajan sembarangan.

Tidak heran bukan jika, Home Schooling lebih efektif dan efisien dari pendidikan formal. Dari segi kualitas udara pasti bagus apalagi, menggunakan AC khusus pembunuh kuman bakteri. Selain itu asupannya terjamin.

Sebenarnya, setiap orang tua bisa membawakan bekal. Tetapi, bisa saja tidak dimakan atau sudah habis duluan akhirnya, tetap jajan juga. Pengawasannya kurang maksimal kesempatan untuk membeli menu tidak sehat tinggi.


Kesimpulan Homeschoolling atau Sekolah Formal

Sudah dipaparkan di atas mengenai perbedaan keduanya. Mulai dari segi kebutuhan biaya sesuai jenjangnya, perkembangannya seperti apa. Serta dilihat dari segi kesehatannya sendiri. Semuanya dijelaskan secara terperinci

Jadi, lebih baik homeschoolling atau sekolah formal? Mungkin, jawaban ini masih begitu sulit untuk dikeluarkan. Harus diakui memang keduanya sama-sama memberikan pengaruh baik dan buruk terhadap anak.

Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa keduanya mempunyai kualitas. Pilihannya kembali ke Anda bagaimana menyikapinya sebagai orang tua. Jadi, mau pilih Homeschoolling atau sekolah formal, untuk buah hati tercinta?

Posting Komentar

0 Komentar