Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Ini Jadwal FIKSI SMK Tahun 2021 Terbaru

 Berikut adalah jadwal pendaftaran dan pelaksanaan festival inovasi dan kewirausahaan siswa indonesia (fiksi) jenjang smk tahun 2021 berdasarkan Pedoman FIKSI SMK Tahun 2021.

Baca di sini: Download Buku Pedoman FIKSI SMK Tahun 2021 PDF


FIKSI SMK Tahun 2021

Pusat Prestasi Nasional kembali akan menyelenggarakan Program Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK tahun 2021. Program FIKSI merupakan program yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan peserta didik SMK, agar mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal sebagai kontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal dan nasional. Peserta didik SMK merupakan sumber daya manusia yang memiliki potensi dari segi karakter, kognitif, juga keterampilan di bidang keahliannya.

Dengan beragam bidang keahlian yang diselenggarakan di SMK, maka kegiatan FIKSI jenjang SMK Tingkat Nasional hadir guna mengekspresikan ide-ide baru siswa yang kreatif dan inovatif melalui hasil karya di bidang lomba yang mengacu pada bidang keahlian SMK.

FIKSI jenjang SMK Tingkat Nasional merupakan salah satu program kegiatan pengembangan prestasi yang dilaksanakan pada tahun 2016 oleh Direktorat Pembinaan SMK, Ditjen Dikdasmen, pada tahun 2021 FIKSI dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional merupakan tahun pertama.

Diharapkan kedepan FIKSI akan menjadi agenda rutin yang akan mendorong pertumbuhan tunas-tunas wirausahawan muda yang penuh semangat dan inovasi. FIKSI jenjang SMK tahun 2021 menekankan dan mengacu pada kearifan lokal yang dikembangkan pada masing-masing daerah.

Dengan konsep kearifan lokal peserta diharapkan mampu pemberikan kontribusi nyata pada perkembangan dan peningkatan ekonomi di daerahnya. Ide/gagasan utama peserta yang mengacu pada kearifan lokal masing-masing daerah peserta dengan upaya pengembangan dalam menterjemahkan konsep ide/gagasan harus mengandung unsur inovatif, teknologi, dan pemasarannya. Bidang yang dilombakan merupakan spektrum dari bidang keahlian dari sekolah kejuruan.

Dengan mewadahi bidang keahlian sekolah kejuruan peserta akan lebih mempunyai kesempatan pengembangan ide lebih luas dan leluasa.

Kemampuan softskill dasar yang harus dikuasai oleh lulusan SMK antara lain kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi, karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif serta kemampuan bekerjasama secara efektif dengan pihak lain, dan berjiwa wirausaha.

Pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah peserta didik jenjang SMK di Indonesia, yang merupakan generasi Post Millennial sebagai generasi adaptif.

Generasi post millennial perlu menyikapi peluang, berikut eksistensi pergaulannya, melalui usaha yang merespon permasalahan di sekitarnya dengan cara-cara kreatif, sekaligus mengaktivasi teknologi. 

Kepekaan dan empati terhadap permasalahan 5P (People, planet, prosperity, peace, & partnership) menjadi perhatian tersendiri, sehingga kesadaran dalam mengangkat potensi sumber daya lokal sebagai solusi pun selaras dengan karakteristik mereka.

Generasi ini perlu merespon berbagai fenomena masa kini dengan menciptakan aktivitas usaha yang mencakup pertimbangan terhadap aspek-aspek sosial budaya, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan, transportasi, penggalangan dana, dan lain lain.

Kerangka kegiatan Fiksi SMK tahun 2021 dimulai dengan Sosialisasi, Proses Registrasi, Seleksi tahap I, pembekalan, seleksi tahap II dan seleksi tahap III.

Pada tahap seleksi I peserta akan diadakan review oleh tim ahli untuk menetapkan proposal yang layak dan lanjut ke seleksi Tahap II.

Pada tahap II, yang selanjutnya peserta terpilih akan diminta menuliskan secara lebih lengkap dan rinci gagasan dan praktik usahanya dalam bentuk video, selanjutnya pada tahap III peserta akan mempresentasikan karyanya dalam forum presentasi dan tanya jawab dengan juri dengan platform daring.

Bersamaan dengan pelaksanaan seleksi tahap III akan diselenggarakan expo karya peserta, Workshop (sharing knowledge) dan pengalaman dari praktisi dunia usaha dan industri.


Jadwal FIKSI SMK Tahun 2021

FIKSI jenjang SMK tahun 2021 akan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut:

No Kegiatan Waktu Pelaksanaan Keterangan
1. Sosialisasi Panduan Teknis pelaksanaan FIKSI Tingkat Nasional ke Peserta 31 Maret 2021 5 Juni 2021
2. Uji coba aplikasi Seleksi Online dan bincang prestasi FIKSI jenjang SMK Juli
3. Pendaftaran dan submit karya peserta FIKSI jenjang SMK 12 Juli s.d 22 Agustus Melalui laman : https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/FIKSI/
4. Seleksi Tahap I 30 Agustus s.d 2 September 2021 Menyeleksi karya yang sudah dikirimkan oleh peserta didik (proses seleksi menjadi 40 orang dan atau Tim per bidang lomba).
5. Webinar untuk peserta Tahap II (40 hasil per bidang) 3 September 2021 Peserta didik beserta Guru Pembimbing/Pembina, pembekalan karya Tulis
6. Submit Karya Tulis 6 s.d 27 September 2021 Upload karya tulis peserta yang lolos tahap II, deadline tanggal 28 September Pkl 00.00
7. Seleksi Tahap II 28 Sep s.d 1 Okt 2021 Menyeleksi 40 hasil karya tulis dari bidang lomba menjadi 10 hasil karya
8. Webinar Persiapan Finalis 10 orang dan atau Tim 4 Oktober 2021 Peserta didik beserta Guru Pembimbing/Pembina, pembekalan pembuatan presentasi
9. Submit Karya seleksi tahap III (10 besar) 1 s.d 10 Okt
10. Persiapan Pelaksanaan FIKSI Nasional 10 s.d 11 Oktober 2021
11. Pelaksanaan FIKSI Tingkat Nasional (Tahap III) 11 s.d 16 Oktober 2021 Dilaksanakan secara daring/Online
jadwal fiksi smk tahun 2021 pusat prestasi nasional tomatalikuang.com


Demikian postingan tomatalikuang.com tentang Jadwal Pendaftaran FIKSI SMK Tahun 2021 Terbaru. Smeoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar