Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Kisi-kisi Materi Ujian Tes PPPK Guru (Ahli Pertama) 2021 (Formasi PPPK Guru Tahun 2021)

 Di bawah ini adalah kisi-kisi materi tes seleksi kompetensi program pemerintah dengan perjanjian kerja (pppk/p3k) tahun 2021 formasi Guru ahli pertama.

PPPK Guru Tahun 2021

Pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2021 diatur melalui PermenPANRB No. 28/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional (JF) Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021.


Tahapan Seleksi PPPK Guru 2021

Pasal 12 ayat (2) aturan tersebut menyebutkan bahwa pengadaan PPPK JF guru tahun 2021 dilaksanakan melalui tahapan:

  • perencanaan;
  • pengumuman lowongan;
  • pelamaran;
  • seleksi;
  • pengumuman hasil seleksi; dan
  • pengangkatan menjadi PPPK

Selanjutnya Pasal 19 menyebutkan bahwa seleksi PPPK Guru 2021 terdiri atas 2 tahap, yaitu

  1. seleksi administrasi, dan
  2. seleksi kompetensi.

Seleksi administrasi PPPK Guru diatur pada Pasal 20, yakni dilakukan oleh panitia seleksi untuk mencocokkan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamaran. 

Sedangkan seleksi kompetensi PPPK Guru diatur pada Pasal 24, dilakukan menggunakan sistem CAT-UNBK. Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.


Materi Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

Materi seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 memuat:

  • Kompetensi Teknis;
  • Kompetensi Manajerial; dan
  • Kompetensi Sosial Kultural.

Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan.

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Sedangkan, 

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan Jabatan.

Adapun seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 dilakukan sebanyak 3 kali seleksi yang terdiri dari: 

  1. seleksi kompetensi I;
  2. seleksi kompetensi II; dan
  3. seleksi kompetensi III.

Setiap seleksi kompetensi tersebut diikuti dengan pengumuman hasil seleksi kompetensi dan masa sanggah.


Kisi-kisi Materi SKB CPNS Guru

Berikut adalah kisi-kisi skb cpns / materi skb (seleksi kompetensi bidang) cpns jabatan Guru Ahli Pertama (PERMENPANRB No. 16 Tahun 2009) yang digunakan dalam formasi cpns tahun 2019

Kompetensi Guru:

  • Kompetensi pendagogik: kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya
  • Kemampuan professional: penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya, serta penguasaan terhadap struktur dan metodologi keilmuannya,
kisi-kisi materi skb pppk guru tahun 2021 tomatalikuang.com


Demikian Rincian Kisi-kisi Materi SKB PPPK 2021: Guru (Ahli Pertama) Formasi PPPK Guru Tahun 2021. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar