Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Rincian Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional (Resmi)

Ada beberapa pertimbangan diterbitkannya Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional, yaitu a. bahwa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu dilakukan pemetaan dan perbaikan berkelanjutan atas mutus sistem pendidikan sehingga dapat pendorong pembelajaran yang menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila; b. bahwa untuk pemetaan mutu pendidikan, secara berkala dan mendorong mutu pendidikan secara berkelanjutan perlu dilaksanakan asesmen nasional; c. bahwa berdasarkan ketentuan pasal 46 ayat (8) Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu mengatur ketentuan mengenai asesmen nasional; d. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta asesmen nasional.



Tujuan Asesmen Nasional

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Asesmen Nasional dijelaskan bahwa Asesmen Nasional atau yang disingkay AN adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kementerian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menangah. Tujuan Asesmen Nasional ini untuk melakukan pengukuran pada:

1. Hasil belajar kognitif;

2. Hasil belajar non-kognitif;

3. Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

Penjelasan Hasil Belajar Kognitif dan Nonkognitif

Dalam Kemendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 ditegaskan bahwa hasil belajar kognitif mencakup literasi membaca dan numerasi. Sedangkan hasil belajar nonkognitif mencakup sikap yang melandasi karakter-karakter dalam profil pelajar Pancasila. Hasil belajar nonkognitif ini diukur melalui survei yang dilakukan di lingkungan belajar.

Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan ini mencakup beberapa hak, yakni:

1. Iklim keamanan;

2. Iklim inklusifitas dan kebinaan;

3. Proses pembelajaran di satuan pendidikan.

Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan diukur melalui survei lingkungan belajar. Berikut profil pelajar pancasila yang perlu diketahui:

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia;

2. Bernalar kritis;

3. Mandiri;

4. Kreatif;

5. Bergotong-royong;

6. Berkebinean global.

Download Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional

Untuk lebih lengkapnya terkait Permendikbudristek Nomor 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional, Anda dapat mendownloadnya DI LINK INI.

Atau Anda juga bisa membacanya secara langsung di bawah ini: 


Ikuti terus update seputar dunia pendidikan hanya di https://www.tomatalikuang.com.


Posting Komentar

0 Komentar