Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Ini Tips Membeli Mobil dan Motor Bekas yang Berkualitas

 Kebutuhan akan tips membeli mobil dan motor bekas terbilang penting saat ini karena semakin banyak masyarakat membutuhkan kendaraan untuk mobilitasnya. Mengingat harga motor maupun mobil baru masih cukup mahal bagi kebanyakan masyarakat, bekas jadi jalan.

Bisnis jual beli kendaraan roda dua maupun roda empat di Indonesia terbilang besar. Banyak dealer yang tersebar di setiap kota, bahkan ada banyak website / aplikasi untuk jual beli mobil dan motor bekas seperti Carmudi, Mobil123, Olx, Oto, Momotor, dll.

Namun, masih sering masyarakat kurang paham sebelum membeli barang bekas. Dengan tujuan awal berhemat, tidak jarang pembeli berakhir merugi karena kurang telaten sebelum membayar.

Kasus yang sering terjadi adalah pembeli salah membeli barang, motor atau mobil bekas merupakan barang curian misalnya. Karena tergiur harga murah serta tidak memastikan keaslian surat dan kendaraan menjadi pemicunya di sini.

tips membeli mobil motor bekas tomatalikuang.com


Apa saja yang harus di cek ketika membeli mobil / motor bekas?

Anda sebagai pembeli seharusnya juga menyadari bahwa harga beli mobil atau motor tidaklah bisa sangat murah, terlebih jika kondisi masih terlihat bagus, ataupun kondisi sebaliknya. Selain faktor harga, lakukan cara membeli mobil dan motor bekas berikut:


1. Periksa Fisik Kendaraan

Meskipun membeli barang bekas, tentu harapannya ialah kondisi motor dan mobil yang diperoleh masih dalam keadaan bagus, atau minimal masih layak. Tidak ada gunanya juga membayar kendaraan hanya untuk keluar masuk bengkel atau lebih cepat rusak.

Untuk itu, tips membeli mobil dan motor bekas pertama ialah memilih mendatangi tempat yang menjual motor maupun mobil dengan jumlah unit banyak. Ini akan memberikan Anda banyak pilihan produk barang bekas, tentu hasilnya lebih maksimal. 

Selanjutnya, pastikan terlebih dahulu memeriksa dan menanyakan secara lengkap semua bagian-bagian fisiknya, mulai dari kerangka, mesin, hingga sejarah perawatan unit terkait. Lihat bagaimana keadaannya, apakah masih baik dan memungkinkan.

Usahakan agar semua part penting unit kendaraan yang akan dibeli masih menggunakan produk asli bawaan pabriknya. Jika Anda kurang paham hal tersebut, maka minta bantuan orang lain, mereka dengan keahlian memeriksa kualitas serta kondisinya sebelum dibeli.

Harga murah jangan menjadi faktor terutama saat mencari motor maupun mobil. Karena bisa jadi ada sesuatu bagian kendaraan bermasalah. Tampilan luarnya juga tidak menjadi penentu kualitas fisik keseluruhan, sehingga melihat secara teliti sangat diperlukan.


2. Pastikan Keaslian Surat dan Bodi Mobil dan Motor

Karena memang ada banyak kendaraan hasil perampasan atau curian beredar di pasaran jual beli kendaraan bekas, maka tips membeli mobil dan motor bekas paling penting adalah memeriksa kelegalannya sejak awal. Punya surat saja bukan jaminan keamanan di sini.

Pastikan bahwa nomor di rangka motor maupun mobil dengan surat resmi kendaraan sesuai. Ada beberapa oknum bahkan melakukan penyesuaian kode ini, sehingga pembeli memang harus ekstra hati-hati.

Melakukan pengecekan nomor polisi apakah memang terdaftar resmi bisa Anda lakukan. Ini harus benar-benar diperhatikan lebih teliti untuk menghindari kerugian kedepannya, karena bisa jadi pembeli malah dikira ikut tindak kejahatan.


3. Lakukan Test Drive

Jika sudah memeriksa fisik secara keseluruhan dan surat serta legalitas mobil maupun motor yang akan dibeli sudah aman, maka langkah terakhir adalah coba mengendarainya. Di sini Anda akan merasakan sendiri bagaimana suara mesin dan kapasitasnya.

Ini tidak bisa dilompati ketika membeli barang bekas, lakukan uji test drive. Bukan kendaraan baru saja yang patut diuji, mobil dan motor bekas juga sangat butuh melalui tes. Selama mencobanya, lakukan penilaian mendalam untuk memastikan kenyamanan Anda.

Nanti di akhir pembeli bisa melakukan penawaran sesuai kondisi mobil atau motor pilihan, tidak lagi berdasarkan ajuan penjual atau pemiliknya. Jika tahu kapasitas kendaraan secara benar, maka pembeli setidaknya tidak akan rugi membayar meskipun barang bekas.

Intinya, semua tips ini harus diimbangi dengan banyak melakukan riset. Karena pemahaman minim kendaraan setiap orang pasti tidak sehebat penjualnya, sehingga melihat tips membeli mobil dan motor bekas dan membandingkan antar unit akan banyak manfaatnya.

Posting Komentar

0 Komentar