Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Tips Memilih Cat Warna Kusen Pintu & Jendela yang Tepat

 Sedang renovasi rumah dan merasa membutuhkan tips memilih cat warna kusen karena takut berbentrokan dengan warna lain? Jika demikian, Anda telah membuka artikel yang tepat karena pembahasan kali ini adalah tentang memilih warna kusen sehingga Anda puas.

Kusen bisa dianggap sebagai bahan esensial dalam mendirikan bangunan sehingga tidak dipisahkan. Maka dari itu, pemilihan kusen harus yang benar-benar kuat agar tidak merusak pondasi ketika mendirikan bangunan. Kusen sangat bergantung pada pemilihan materialnya.

Dalam memilih kusen juga kita harus mengetahui tips memilih cat warna kusen. Ini karena kita juga harus membuatnya tampak cantik dan rapi sehingga tidak merusak pemandangan. Jika kusam, kusen tentunya akan merusak tampilan rumah yang baru Anda dirikan tersebut.

Jenis kusen juga beragam. Dulu, kita hanya mengenal produksi rumahan dan menggunakan tangan manusia. Seiring berjalannya waktu, kusen mulai diproduksi di pabrik dengan mesin-mesin canggih sebagai pembuatnya sehingga model dan material kusen menjadi beragam.

tips memilih cat warna kusen pintu jendela rumah tomatalikuang.com


Model dan Jenis Kusen serta Harga Pasarannya

Sebelum masuk ke tips memilih cat warna kusen, Anda perlu ketahui apa saja model kusen yang dijual di pasaran. Ini berguna agar Anda dapat memilih penggunaan material dan kualitasnya. Jadi, ini adalah beberapa model dan jenis kusen yang dapat Anda temui:


1. Kusen Kayu

Harga yang digunakan untuk kusen kayu umumnya sangat beragam dan tergantung dari material kayu yang digunakan. Namun, kasaran harganya adalah sebagai berikut:

  • Daun Pintu: +- 1,4 juta Rupiah
  • Daun Jendela: +- 500 ribu – 800 ribu Rupiah
  • Balok: +- 400 ribu Rupiah


2. Kusen UPVC

UPVC merupakan singkatan dari kata Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Ini merupakan bahan yang lebih kuat dari aluminium, namun memiliki badan yang lebih lentur. Kusen ini sudah banyak digunakan di kantor-kantor dan untuk harganya:

  • Pintu: 1 jutaan
  • Jendela: mulai dari 700 ribuan

3. Kusen Aluminium

Aluminium juga dikenal sebagai bahan yang ringan, namun kokoh. Maka dari itu, untuk pelapis pintu juga banyak yang mempercayakannya kepada aluminium. Untuk harganya sendiri antara lain:

  • Jendela: +- 300.000
  • Pintu: 500.000 – 700.000


Tips Memilih Cat Warna Kusen

Tentunya Anda pernah kebingungan dengan pola dan warna dari kusen yang sekiranya cocok dengan rumah Anda. Jadi, kami akan memberikan cara yang bisa Anda gunakan agar warna kusen yang dipilih nanti tidak berbentrokan dengan yang lain, yaitu dengan:


1. Tentukan Tema Ruangan Dulu

Sebelum Anda memberi warna kepada kusen nantinya digunakan, akan jauh lebih baik jika Anda ketahui dulu tema ruangan Anda. Jika Anda mengedepankan keminimalisan, maka warna putih akan cocok. Namun jika natural, warna kayu asli lebih sesuai.


2. Pelajari Tabel warna

Tips memilih cat warna kusen selanjutnya adalah dengan mempelajari tabel warna. Disini, Anda akan melihat warna yang Anda sukai dan yang Anda rasa cocok dengan perpaduan warna lain. Jadi, Anda dapat merasa lebih senang berada disana.


3. Sesuaikan Warna dengan Benda Disekitar

Jika Anda merasa bahwa ruangan Anda merupakan tempat dimana benda dengan berbagai warna bergabung, Anda bisa juga membuat kusen Anda dengan warna colorful. Namun, jika kebanyakan monokrom, jangan buat warna lain lagi.


4. Pilih Warna Putih atau Hitam Biar Selalu Cocok

Warna putih dan hitam selalu cocok untuk segala kondisi. Jadi, jika Anda bingung mau menaruh warna apa untuk kusen Anda, warna ini senantiasa menjadi pilihan. Bayangkan saja pintu, bingkai jendela yang berwarna monokrom, pasti elegan.


Memilih warna untuk setiap hal bukan perkara yang mudah. Anda perlu mengetahui sekiranya apa saja warna yang cocok untuk diaplikasikan di benda tersebut. Termasuk dengan kusen, Anda perlu mengetahui tips memilih cat warna kusen pintu dan jendela rumah agar semua terasa pas dan membuat anda nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar