Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Jangan Galau! Ini Tips Memilih Jurusan Kuliah dan Universitas yang Tepat

 Memilih jurusan dan universitas merupakan hal yang sangat penting bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kamu dituntut untuk memilih jurusan dan universitas ini sebaik mungkin agar peluang diterima semakin besar. Buat kamu yang sedang ada di tahap pilah-pilih ini, pasti banyak yang bertanya bagaimana sih tips memilih jurusan dan universitas ini?

Buat kamu yang penasaran, yuk simak tips memilih jurusan dan universitas terbaik yang ada di sini:

tips memilih jurusan kuliah dan universitas yang tepat tomatalikuang.com

Memilih Jurusan dan Universitas, Seberapa Penting Sih?

Bagi kamu yang baru lulus SMA atau akan lulus SMA, kamu pasti mulai memikirkan tempat untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya yaitu kuliah. Ada yang dari awal ingin masuk ke perguruan tinggi swasta dan ada juga yang bertekad untuk masuk perguruan tinggi negeri. Sebagian besar pelajar di Indonesia memiliki melanjutkan kuliah di PTN atau Perguruan Tinggi Negeri. Namun tahukah kamu jika memilih jurusan dan universitas ini akan mempengaruhi peluang kamu diterima?

Kamu yang memilih universitas paling bergengsi di Indonesia pastinya akan lebih sulit dibandingkan dengan mereka yang memilih universitas yang ada di daerah. Hal ini dikarenakan universitas bergengsi memiliki peminat yang lebih besar, sehingga persaingan untuk masuk ke sini juga semakin besar. Begitu juga dengan jurusan, semakin sedikit peminat jurusan tersebut semakin besar peluang untuk diterima.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak penjelasan dari tomatalikuang.com mengenai tips memilih jurusan kuliah dan universitas yang tepat di bawah ini:


Tips Memilih Jurusan dan Universitas yang Tepat

Karena akan berhubungan langsung dengan masa depanmu, pastikan kamu memilih jurusan dan universitas dengan sebaik-baiknya. Bagaimana tips memilih jurusan dan universitas terbaik ini? Berikut tipsnya:


1. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Tips pertama memilih jurusan dan universitas adalah pastikan kamu menyesuaikannya dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Ini sangat penting karena akan berpengaruh ke bagaimana kamu akan menjalani kuliah nanti. Kuliah di suatu jurusan dan di suatu universitas memiliki tantangan yang berbeda-beda. 

Ada masa-masa dimana sangat berat dan ingin menyerah, jadi pastikan kamu memang memiliki minat dan bakat di sana. Kamu yang memiliki minat dan bakat pastinya akan berusaha untuk bertahan dan tetap melanjutkan kuliah dibandingkan menyerah.


2. Perhatikan Peluang Kerja di Masa Depan

Banyak yang bilang melihat peluang kerja di masa depan tidak perlu dilakukan. Padahal, bagi mereka yang sudah lulus peluang kerja dari suatu jurusan dan universitas itu sangat penting. Ada banyak sarjana yang akhirnya menyesal karena menyepelekan peluang kerja ini.

Lalu bagaimana cara melihat peluang kerja di masa depan ini? Kamu bisa melihatnya dari lowongan-lowongan kerja yang ada dan juga membaca berita-berita terkait peluang kerja di masa depan.


3. Konsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam memilih jurusan dan universitas adalah dengan melakukan konsultasi dengan orang yang berpengalaman. Orang yang berpengalaman antara lain kakak alumni yang sedang kuliah, guru, ataupun kerabat yang sedang kuliah atau sudah lulus kuliah. Orang-orang yang berpengalaman ini biasanya mengetahui peluang-peluang untuk memilih jurusan dan universitas, jadi pastikan kamu konsultasi dengan mereka.


4. Lakukan Riset

Selain bertanya kepada mereka yang berpengalaman, kamu juga bisa melakukan riset saat ingin memilih jurusan dan universitas. Kamu dapat memiriksa akreditasi universitas dan jurusan yang kamu minati. Periksa juga passing grade dari jurusan dan universitas tersebut. Jurusan dan universitas yang memiliki passing grade tinggi memiliki persaingan yang lebih ketat dibandingkan dengan jurusan dan universitas dengan passing grade lebih rendah.


5. Jangan Terburu-Buru

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan dalam memilih jurusan dan universitas adalah jangan terburu-buru. Berikan waktu kepada diri sendiri untuk berpikir apa sebenarnya jurusan dan universitas yang diinginkan. Oleh karenanya wajib bagi kamu untuk mempersiapkan memilih jurusan dan universitas ini jauh-jauh hari. Jangan memilihnya secara dadakan, apalagi ikut-ikutan teman.


Jurusan dan Universitas Negeri di Indonesia Paling Banyak Peminat

Setelah mengetahui tips memilih jurusan dan universitas, berikut beberapa jurusan dan universitas di Indonesia yang memiliki peminat paling banyak. Apa saja?


A. Jurusan Paling Banyak Peminat

#1 Kedokteran

Dari dulu hingga sekarang jurusan kedokteran masih menjadi jurusan dengan banyak peminat. Hal ini dikarenakan dokter masih menjadi pekerjaan dengan banyak permintaan dan gaji yang cukup menjanjikan. Karena banyaknya peminat jurusan kedokteran ini, buat kamu yang berminat masuk jurusan ini kamu harus bisa mengalahkan ribuan atau bakan belasan ribu pendaftar lainnya untuk masuk di jurusan kedokteran ini.


#2 Ilmu Komputer

Jurusna kedua dengan peminat paling tinggi adalah ilmu komputer. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang berhubungan dengan komputer semakin hari semakin pesat. Peluang kerja untuk lulusan ilmu komputer juga semakin besar.


#3 Ilmu Hukum

Jika dari ilmu saintek ada kedokteran yang menempati posisi pertama sebagai jurusan paling banyak peminat, dari ilmu soshum ada hukum yang menempati peringkat pertama. Kamu yang kuliah di jurusan hukum bisa menjadi pengacara, jaksa, hakim, hingga notaris. Namun untuk sukses sebagai lulusan hukum kamu harus pintar memilih universitas. Pastikan universitas tersebut memiliki reputasi yang baik khususnya untuk jurusan hukum.


#4 Akuntansi

Selain hukum, dari soshum ada akuntansi yang menjadi jurusan dengan peminat terbanyak. Sama seperti jurusan-jurusan dengan peminat yang banyak di atas, akuntansi memiliki banyak peminat karena peluang kerja setelah lulus cukup menjanjikan. Kamu bisa menjadi akuntan, auditor, perencana keuangan, konsultan keuangan, dan lainnya.


B. Universitas Negeri di Indonesia dengan Banyak Peminat

Setelah mengetahui jurusan-jurusan dengan banyak peminat, ini saatnya kamu mengetahui universitas negeri di Indonesia dengan banyak peminat. Ada universitas impianmu?

#1 Universitas Gadjah Mada

Universitas di Indonesia yang menempati posisi pertama paling diminati adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Kamu pasti sudah tidak heran lagi jika UGM sangat diminati karena universitas yang ada di Yogyakarta ini memang sangat terkenal di Indonesia. Kamu ingin menjadi mahasiswa di UGM? Pastikan kamu belajar dengan giat karena persaingan untuk masuk UGM sangatlah ketat.


#2 Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya menempati posisi kedua sebagai universitas negeri paling diminati. UB atau Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas negeri yang terletak di Kota Malang. Karena banyaknya peminat, kamu harus berjuang dengan ekstra untuk masuk UB.


#3 Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran yang terletak di Bandung dan Jatinangor menempati posisi ketiga sebagai universitas negeri paling diminati. Tidak ada yang tidak mungkin buat kamu yang ingin menjadi salah satu mahasiswa Unpad, asalkan kamu rajin belajar.


#4 Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan universitas paling tua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1849. Terletak di Depok, Jawa Barat, Universitas Indonesia atau UI ini menjadi banyak incaran calon mahasiswa di Indonesia. Bahkan banyak lho artis yang kuliah di sini.


Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips memilih jurusan dan universitas. Tidak ada yang tidak mungkin bagi kamu yang memiliki impian kuliah di satu jurusan dan universitas, asalkan diimbangi dengan giat belajar. Semangat!

Posting Komentar

0 Komentar