Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Penting, Ini Tips Memilih Keramik untuk Lantai Dapur Agar Sesuai Selera

 Tips memilih keramik lantai dapur seringkali dicari oleh mereka yang baru saja membangun atau memiliki hunian baru. Sebagai lokasi untuk kegiatan memasak, baik jenis maupun teksturnya harus disesuaikan dengan penggunaannya. 

Lokasi dapur yang rentan kotor karena aktivitas seperti memasak dan sejenisnya, juga bisa menjadi pertimbangan sebelum memilih keramik sebagai lantainya. Agar lebih jelas, simak keterangan selengkapnya di bawah berikut ini.

tips memilih keramik lantai dapur tomatalikuang.com


Tips Memilih Keramik Lantai Dapur Agar Nyaman Digunakan

Faktor kenyamanan menjadi salah satu hal penting sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis keramik khusus pada bagian lantai dapur. Beberapa hal lainnya seperti motif, warna, dan sebagainya bisa ikut menyesuaikan kemudian.


1. Pilih lantai dengan material yang kuat

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih lantai untuk bagian dapur adalah soal kekuatannya terhadap berbagai kondisi. Mulai dari panas, kelembapan, hingga ketahanan terhadap bahan kimia seperti cairan pembersih misalnya.

Beberapa material terbaik yang dikenal sangat kuat dan tahan lama untuk penggunaan jangka panjang adalah lantai dari bahan marmer, batu alam, hingga granit. Pemasangannya juga relatif mudah dan banyak diperjualbelikan.


2. Menggunakan jenis ubin dengan ketahanan panas terbaik

Keramik dari bahan ubin sangat cocok digunakan sebagai lantai dapur karena memiliki ketahanan yang baik pada suhu panas. Bahkan ketika dibersihkan karena noda dengan bahan kimia, permukaannya tetap terlihat awet.

Ubin juga relatif tahan terhadap tumpahan air panas maupun dingin sehingga cocok digunakan pada bagian dapur. Kelebihan lainnya adalah soal motif dan coraknya sangat beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.


3. Usahakan agar mudah dibersihkan dan tahan lama

Tips memilih keramik lantai dapur berikutnya adalah memilih bahan yang mudah dibersihkan ketika terkena kotoran dan tahan lama. Dua hal ini menjadi fokus utama agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

Lantai yang mudah dibersihkan mampu menghemat waktu maupun tenaga sehingga tidak mengganggu aktivitas di dapur. Sementara itu, bahan dengan kualitas terbaik dan tahan lama membuat pengguna merasa nyaman ketika dipakai.


4. Hindari menggunakan warna putih 

Warna putih memang sangat tepat jika digunakan karena sifatnya yang netral sehingga mampu disesuaikan dengan warna lainnya. Namun penempatannya akan bermasalah jika digunakan pada bagian dapur karena rawan terkena kotor.

Dapur sangat rentan dengan berbagai hal yang tidak terduga seperti tumpahan minyak atau air, cipratan bahan-bahan makanan, dan lain sebagainya. Ada baiknya jika pemilihan warna tersebut disesuaikan dengan kondisi keuangan.


5. Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Tips memilih keramik lantai dapur juga bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Usahakan agar lebih fokus terhadap fungsi sebagai pertimbangan utama karena penggunaan jangka panjang merupakan salah satu bentuk investasi.

Jika dana mencukupi, tidak ada salahnya memilih jenis lantai dengan warna atau ornamen tertentu agar menambah kesan elegan pada dapur. Bahan-bahan seperti kayu, vinyl, dan linoleum juga bisa menjadi alternatif.


Jenis Lantai Lainnya yang Bisa Menjadi Alternatif Pilihan

Selain dari bahan seperti keramik, batu alam, granit, dan sejenisnya, lantai dapur juga bisa menggunakan material seperti kayu-kayuan jenis tertentu, vinyl, dan linoleum. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya ketika digunakan.

Seperti lantai kayu misalnya, pemasangannya relatif cukup mudah dan mampu menambah kesan elegan sebagai bagian dari interior pada dapur. Sementara linoleum dan vinyl relatif tahan terhadap panas dan mudah dibersihkan.

Menata rumah baru di bagian dapur memang tidak mudah. Selain harus berhati-hati karena digunakan sebagai area memasak. Pemilik harus mengetahui tips memilih keramik lantai dapur agar nyaman digunakan.

Posting Komentar

0 Komentar