Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Tips Menggunakan Wajan Baru Agar Tidak Lengket (Wok & Pan)

 Ada beberapa tips menggunakan wajan baru agar tidak lengket saat pertama kali digunakan memasak. Namun sebelum itu perlu dipahami dulu bahwa di Indonesia wajan memiliki banyak jenis.

Wajan yang memiliki bentuk setengah lingkaran adalah peninggalan budaya tionghoa dengan nama wok. Wok juga membutuhkan perawatan pertama agar nyaman digunakan memasak.

Sedangkan wajan yang memiliki bentuk datar adalah pan. Biasanya terbuat dari besi tuang dan memiliki daya tahan tinggi. Sehingga pan dapat diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.

Masalahnya di Indonesia antara wok dan pan, tetap disebut sebagai wajan. Oleh karena itu keduanya akan dibahas secara detail agar tidak ada salah paham ketika membaca judul artikel tadi.

Perbedaan bahan penyusun antara wok dan pan juga membuat keduanya tidak boleh diperlakukan sama. Wok akan meleleh jika digunakan untuk memasak dalam suhu terlalu tinggi.

Jadi memang sudah didesain dengan kebutuhan masakan tionghoa yang cepat proses pembuatannya. Sedangkan pan lebih cocok digunakan untuk membuat makanan yang perlu waktu lama.

Karena dibuat dari besi tuang maka pan memiliki titik leleh jauh lebih tinggi. Bahkan tidak jarang pan digunakan untuk melelehkan logam lain yang memiliki titik lebur lebih rendah darinya.

tips menggunakn wajan baru agar tidak lengket wok pan tomatalikuang.com


Tips Menggunakan Wajan Baru Wok Agar Tidak Lengket

Menggunakan wok pertama kali setelah membelinya memang cukup sederhana. Tidak perlu ada bahan tambahan khusus, hanya bermain api agar pemuaian logamnya optimal. Berikut ini adalah detail perlakuannya.


1. Memanaskan

Panaskan wok di atas tungku atau kompor. Terus panaskan hingga warna wok yang terbuat dari aluminium seperti pelangi. Ini menandakan bahwa logam berada pada melting threshold.

Tujuan memperlakukannya seperti ini adalah agar permukaan tidak pecah saat digunakan memasak. Apabila aluminium retak maka wok tidak bisa digunakan untuk memasak.


2. Mencuci

Masih di atas api sambil memanaskannya cuci wok menggunakan air bersih bercampur sabun. Namun api yang digunakan tentu tidak sebesar saat melakukan pemanasan.

Sebelum mencuci pastikan api pada keadaan paling kecil dan warna pelangi dari wok sudah sedikit menghilang. Ini adalah tips menggunakan wajan baru agar tidak lengket yang tidak boleh dilewatkan.


3. Minyaki

Gunakan wok yang sudah dicuci bersih tadi untuk memanaskan minyak goreng. Awali dengan menggunakan api kecil. Secara perlahan tingkatkan panas kompor hingga minyak benar-benar mendidih.

Setelah proses ini selesai biarkan wok mendingin secara alami. Setelah dingin Anda bisa menyimpannya untuk digunakan esok hari. Ingat jangan langsung digunakan memasak setelah treatment tadi.


Ketiga tahap tersebut wajib dilakukan jika Anda menginginkan performa wajan alumunium terbaik. Selain tidak lengket, wajan juga semakin awet digunakan dan sulit mengalami keretakan akibat panas.


Tips Menggunakan Wajan Baru Pan Agar Tidak Lengket

Saat pertama kali membeli pan terutama cast iron tidak bisa langsung digunakan. Saat digunakan menggoreng pasti akan lengket dan akhirnya bahan makanan tidak bisa dibalik. Pasti sangat mengganggu penggunanya bukan.

Oleh karena itu Anda wajib melakukan seasoning agar pan dapat digunakan untuk memasak secara optimal. Berikut ini adalah langkah paling mudah melakukan seasoning pada cast iron pan.


1. Mencuci

Cuci bersih menggunakan air mengalir dan sabun agar kontaminasi besi menurun. Biasanya cast iron memang memiliki sisa-sisa bahan yang cukup berbahaya jika harus langsung digunakan.


2. Memanaskan

Panggang cast iron pan agar kering sempurna dari zat cair. Proses pengeringan ini harus dilakukan dengan pemanggang agar proses oksidasi berlangsung lebih cepat dan tidak menghasilkan karat.


3. Seasoning

Anda bisa memberikan bumbu pada permukaan pan agar cocok digunakan memasak. Biasanya bumbu yang dioleskan adalah olive oil, merica bubuk, dan garam. Kemudian wajan bisa dipanggang lagi.

Memang bagi orang Indonesia metode seasoning ini terdengar cukup merepotkan. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang optimal dan pas digunakan memasak, langkah tersebut wajib dilakukan.


Setelah memahami bagaimana cara memperlakukan wajan dari dua bahan berbeda tersebut Anda bisa mulai memasak. Dengan menerapkan tips menggunakan wajan baru agar tidak lengket membuat memasak akan jadi lebih menyenangkan.

Posting Komentar

0 Komentar