Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Trik: Cara Memilih Semangka yang Bagus dan Manis

 Mengetahui cara memilih semangka yang bagus dan manis akan memudahkan Anda ketika berbelanja di pasar tradisional. Pasalnya tidak semua buah yang tersedia di sana memiliki kualitas prima.

Berbeda dengan ketika Anda berbelanja di supermarket dimana buah sudah disortir sehingga kualitasnya prima. Mengetahui secara pribadi cara menyelesaikannya tentu akan semakin memudahkan.


Namun sebelumnya Anda perlu memahami darimana rasa manis semangka berasal karena tidak semua variannya sama. Rasa manis dari semangka dipengaruhi oleh jenis dan metode penanaman.

Metode penanaman secara organik akan menghasilkan rasa lebih tawar namun segar ketika dikonsumsi. Sedangkan saat ditanam menggunakan pupuk kimia rasanya akan semakin manis.

Ini jarang diketahui para konsumen karena mereka selalu mengira bahwa produk organik selalu lebih baik. Kenyataanya metode penanaman organik hanya menghasilkan produk lebih sehat dan bebas zat kimia saja.

Jika ingin mendapatkan rasa paling maksimal tentu saja konsumen harus memilih produk dengan penanaman menggunakan bahan kimia. Namun hasil penanaman tersebut membuat air buahnya terasa membosankan.

Inilah mengapa meskipun rasanya kurang manis namun semangka organik tetap nikmat dikonsumsi dalam jumlah banyak. Pada pembahasan berikutnya akan tomatalikuang.com akan menjelaskan secara detail cara pemilihan paling tepat.

cara memilih semangka yang bagus manis merah tomatalikuang.com

Cara Memilih Semangka yang Bagus dan Manis Paling Mudah

Terdapat tiga langkah yang dapat digunakan konsumen untuk melihat bagaimana kualitas semangka. Mulai dari kondisi tangkai, warna, hingga kepadatan buah berikut ini akan dijelaskan secara detail.

1. Kondisi Tangkai

Kondisi dari tangkai buah dapat menjadi petunjuk apakah sudah masak atau belum. Jadi cukup mudah bahkan bagi orang awam ketika mengetahui bahwa tangkai dapat dijadikan tanda.

Tangkai yang sudah mengering (bukan layu) menandakan kondisi bagian dalam sudah masak sempurna. Secara alami buah akan terlepas ketika sudah masak karena bagian tangkainya mengering.

2. Kepadatan

Kepadatan buah juga dapat dijadikan sebagai parameter untuk melihat bagaimana kualitas bagian dalamnya. Jika sudah masak maka semangka akan sedikit empuk dan tidak terlalu keras.

Cara memilih semangka yang bagus dan manis ini memang masih cukup sulit dilakukan jika belum terbiasa. Jadi lebih baik gunakan metode lain jika Anda sebelumnya belum pernah mencoba sendiri.

3. Warna

Buah semangka memang memiliki corak hijau dan putih. Kedua corak tersebut dapat dijadikan tanda untuk melihat tingkat kematangan dari bagian dalamnya. Jadi ketika tangkai sudah tidak ada konsumen tetap dapat melihatnya.

Semakin tua warna corak hijau artinya bagian dalam sudah masak sempurna dan rasanya manis. Untuk corak putih, jika sudah mulai menguning artinya rasa manis sudah meningkat.

Ketiga metode tadi paling akurat digunakan untuk melihat bagaimana kualitas buah. Kualitas dan rasanya dapat diketahui secara pasti apabila Anda mengaplikasikan ketiga metode tadi dalam pemilihannya.


Alternatif Cara Memilih Semangka yang Bagus dan Manis

Apabila Anda menemukan varian semangka yang berwarna polos (tidak ada corak putih) dan tanpa tangkai pasti akan kesulitan. Namun masih ada cara alternatif agar konsumen dapat memilih secara tepat.

Varian seperti ini memang cukup berbeda sehingga cara pengecekannya khusus. Anda harus melihat dari bentuk, warna, dan bagian pangkal tangkai. Berikut ini adalah penjelasan secara detailnya.

1. Bentuk

Varian ini memang memiliki bentuk yang tidak biasa, yaitu seperti kapsul. Apabila bentuknya masih bulat sempurna maka bisa dipastikan bahwa kondisi bagian dalamnya belum masak sempurna.

2. Warna

Berbeda dengan tips sebelumnya, semakin tua warna varian ini maka artinya buah belum terlalu masak. Ketika sudah mencapai titik kematangan sempurna justru warnanya akan memudar.

3. Pangkal Tangkai

Di Bagian pangkalnya semakin keriput artinya kondisi buah semakin matang. Rasanya juga akan semakin manis. Jadi perhatikan secara teliti bagaimana kondisi pangkal tangkainya untuk melihat tingkat kematangan.

Setelah memahami semua trik tadi dapat dipastikan Anda mahir dalam memilih buah semangka. Anda tidak perlu takut lagi mendapatkan kualitas jelek karena cara memilih semangka yang bagus dan manis tadi paling akurat.


Posting Komentar

0 Komentar