Header Ads Widget

News

6/recent/ticker-posts

Kisi-kisi Materi SKB CPNS 2021: Epidemiolog Kesehatan

 Di bawah ini adalah kisi-kisi materi tes seleksi kompetensi bidang (skb) cpns tahun 2021 formasi Epidemiolog Kesehatan Ahli Pertama, Pemula dan Terampil.


SKB CPNS Tahun 2021

Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) adalah tes dalam seleksi CPNS yang merupakan tahapan setelah peserta dinyatakan lolos tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Setiap formasi CPNS memiliki jenis ujian SKB yang berbeda.

Tes SKB dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan Jabatan.

Tes SKB CPNS tahun 2021 menggunakan sistem CAT yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN RI). Computer Assisted Test yang disingkat CAT adalah tes yang menggunakan komputer.

SKB dengan sistem CAT merupakan nilai utama dalam tes CPNS 2021 karena memiliki proporsi nilai paling besar.

Link Simulasi CAT BKN 2021

Anda bisa melakukan simlulasi atau latihan tes CAT secara online pada Website Resmi Simulasi CAT BKN melalui laman: https://cat.bkn.go.id/simulasi/

Dengan membuat Akun melalui fitu Daftar Gratis, kemudian LOGIN menggunakan alamat email dan password akun yang kamu buat. Kamu bisa latihan soal tes cpns menggunkaan sistem CAT BKN secara gratis di web tersebut.

Waktu Pelaksanaan SKB CPNS 2021

SKB dengan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN dilaksanakan dalam durasi waktu 90 (sembilan puluh) menit. Sedangkan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan khusus penyandang disabilitas, waktu pelaksanaan SKB dilaksanakan dalam durasi waktu 120 (seratus dua puluh) menit.

Materi SKB CPNS Tahun 2021

Materi SKB untuk Jabatan Fungsional disusun oleh instansi pembina Jabatan Fungsional dan diintegrasikan ke dalam bank soal pada sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN.

Materi SKB untuk Jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional terkait.

Selain Materi SKB dengan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN, materi SKB juga dapat berupa:

  1. psikotest;
  2. tes potensi akademik;
  3. tes kemampuan bahasa asing;
  4. tes kesehatan jiwa;
  5. tes kesegaran jasmani/tes kesamaptaan;
  6. tes praktek kerja;
  7. uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi;
  8. wawancara; dan/atau
  9. tes lain sesuai persyaratan Jabatan.

Epidemiolog Kesehatan

Berdasarkan Keputusan MENPAN RB Nomor: 17/KEP/M.PAN/11/2000 Tahun 2000:

  • Epidemiolog Kesehatan adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pengumpulan data, pengolahan data, analisa dan interpretasi, melakukan penyelidikan epidemiologi untuk tindakan pengamanan penanggulangan penyebaran/penularan penyakit dan faktor-faktor yang sangat berpengaruh.
  • Epidemiolog Kesehatan Terampil adalah Jabatan Fungsional Epidemiologi Keterampilan yang pelaksanaan tugasnya meliputi kegiatan teknis operasional yang berkaitan dengan penerapan konsep atau metoda operasional di bidang epidemiologi.
  • Epidemiolog Kesehatan Ahli adalah Jabatan Fungsional Epidemiolog Kesehatan Keahlian yang pelaksanaan tugasnya meliputi kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan pengetahuan, penerapan konsep dan teori, ilmu dan seni untuk pemecahan masalah dan pemberian pengajaran dengan cara yang sistematis di bidang epidemiologi.
  • Epidemiologi adalah suatu kegiatan dalam rangka mengenal karakteristik penyakit yang berkaitan dengan penularan, penyebaran, faktor berpengaruh meliputi kondisi lingkungan, penyebab penyakit faktor resiko lainnya serta cara-cara penanggutangan yang tepat melalui pengumpulan, pengolahan data, analisa, interpretasi serta penyebaran informasi.
  • Pola penularan adalah cara penularan penyakil menular (propagated dan common source). 
  • Penyebaran kasus adalah terjadinya penyebaran penyakit dari satu kelompok masyarakat ke kelompok masyarakat lain.
  • Faktor yang berpengaruh adalah faktor yang berperan secara dominan dalam timbulnya penyakit, terjadinya penularan, dan penyebaran. 
  • Cara-cara penanggulangan adalah upaya untuk mencari alternatif penanggulangan yang tepat sesuai epidemiologi penyakit dan kondisi setempat. 
  • Pengumputan data, pengolahan, analisa dan interpretasi serla penyebarivasan informasi epidemiologi merupakan salah satu metoda untuk mempercepat penanggulangan. 
  • Epidemiolog Kesehatan termasuk dalam Rumpun Kesehatan.
  • Epidemiolog Kesehatan berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang epidemiologi di lingkungan Departemen Kesehatan dan instansi lain di luar Deparlemen Kesehatan.
  • Tugas pokok Epidemiolog Kesehatan yaitu melaksanakan kegiatan pengamatan, penyelidikan, tindakan pengamanan, penanggulangan, penyebaran/penularan penyakit dan faldor-faktor yang sangat berpengaruh, secara cepat dan tepat dengan melakukan pengumpulan, pengolahan, analisa data dan interpretasi serta penyebaran informasi serta pengembangan strategi dan metoda. 
  • Jabatan Fungsional Epidemiolog Kesehatan terdiri atas Epidemiolog Kesehatan Terampil dan Epidemiolog Kesehatan Ahli. 
  • Jenjang jabatan Epidemiolog Kesehatan dari yang terendah sampai dengan yang teninggi yaitu : 
    • a. Epidemiolog Kesehatan Terampil, terdiri atas:
      1. Epidemiolog Kesehatan Pelaksana Pemula; 
      2. Epidemiolog Kesehatan Pelaksana; ' 
      3. Epidemiolog Kesehatan Pelaksana Lanjutan; 
      4. Epidemiolog Kesehatan Penyelia.
    • b. Epidemiolog Kesehatan Ahli, terdiri atas:
      1. Epidemlolog Kesehatan Pertama; 
      2. Epidemiolog Kesehatan Muda; 
      3. Epidemiolog Kesehatan Madya. 

Kisi-kisi Materi SKB CPNS 2021: Epidemiolog Kesehatan Formasi CPNS Tahun 2021

BKN RI belum merilis kisi-kisi materi SKB CPNS tahun 2021. 

Berikut adalah kisi-kisi skb cpns / materi skb (seleksi kompetensi bidang) cpns tahun 2019 jabatan Epidemiolog Kesehatan Ahli Pertama, Pemula, dan Terampil :

1. Kemampuan Umum:

  • Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional Sustainable Development Goals (SDGs) bidang Kesehatan, Sistem Kesehatan Nasional, Undang-Undang Kesehatan, kebijakan dasar puskesmas, dan standar pelayanan minimal 
  • Perilaku hidup bersih dan sehat, penanggulangan narkoba, imunisasi, program CERDIK, program Keluarga Berencana dan program keselamatan pasien. 

2. Kemampuan Khusus:

    Kegiatan epidemiologi kesehatan 

    • Persiapan pelaksanaan kegiatan epidemiologi 
    • Pengamatan epidemiologi
    • Penyelidikan epidemiologi 
    • Pencegahan dan pemberantasan penyakit 
    • Pemberdayaan masyarakat\
    kisi kisi materi skb Epidemiolog Kesehatan formasi cpns tahun 2021 tomatalikuang.com

    Posting Komentar

    0 Komentar