Header Ads Widget

Ticker

10/recent/ticker-posts

Fakta dan Risiko Investasi Bitcoin + Harga Bitcoin Price Hari Ini

Bagi mereka yang melek investasi, tentu tidak asing dengan instrumen cryptocurrency yang bernama bitcoin. Adapun harga bitcoin saat ini sudah mencapai sekitar Rp 800 juta. Sehingga, menjadi wajar jika bitcoin semakin ramai diperbincangkan dan diperdagangkan di Indonesia.

Sebelum menginvestasikan uang, Anda perlu tahu benar seluk-beluk mengenai bitcoin, serta mengapa bitcoin dilarang di beberapa negara.

fakta risiko investasi bitcoin aplikasi harga price usd hari ini tomatalikuang.com


Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang elektronik yang diklaim akan berkembang sebagai uang investasi di masa depan. Hal ini dapat dilihat dari kecenderungan akhir-akhir ini dimana banyak investor yang berbondong-bondong memindahkan dananya ke cryptocurrency.

Bitcoin merupakan uang virtual, tanpa bentuk fisik, yang didistribusikan secara online. Untuk membeli atau mencairkan bitcoin, Anda perlu memiliki akun di situs exchanger atau melalui ATM bitcoin.

Dalam bahasa non-teknis, Bitcoin adalah sebuah aset digital yang dapat ditransaksikan tanpa bantuan kartu kredit ataupun bank sentral. Bitcoin dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi perdagangan secara lebih cepat, sederhana, dan efisien lewat internet. Bitcoin dikembangkan pada tahun 2009 sebuah entitas dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Aset kripto ini seperti emas, namun hanya tersedia di dunia digital. Meski sekilas mirip dengan eGold, konsep sebenarnya jauh berbeda.


Sejarah Bitcoin?

Bitcoin pertama kali dikenalkan oleh seseorang bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Dia mengaku berasal dari Jepang, tetapi hingga sekarang tidak ada yang bisa melacak IP address Satoshi Nakamoto. Banyak orang berspekulasi bahwa penemu bitcoin hanya menggunakan nama samaran untuk melindungi dirinya sendiri.

Siapa saja dapat mengembangkan bitcoin tanpa perlu mendapatkan izin karena bitcoin dikendalikan pada sistem terbuka. Mata uang cryptocurrency ini dapat dipakai untuk bertransaksi digital, seperti membeli game. Beberapa pekan lalu, Elon Musk menyatakan bahwa kini Tesla melayani pembelian mobil Tesla menggunakan bitcoin.

Karena dasar penjualan yang tidak jelas, harga bitcoin bisa terbang dan turun secara drastis dalam waktu semalam. Jika berkesempatan untuk mengecek harga harian bitcoin, niscaya Anda akan menemukan grafik yang sangat fluktuatif.


Fakta Tentang Bitcoin

Beberapa fakta berikut ini dapat memperluas pemahaman Anda mengenai definisi dan risiko bitcoin.

- Memakai sistem peer to peer (P2P)

Transaksi bitcoin tidak menggunakan perantara, sehingga memiliki sistem peer to peer atau P2P. Segala transaksi bitcoin akan dicatat dan diverifikasi dalam brankas data publik yang disebut blockchain. 

Proses penciptaan blockchain, dikenal dengan istilah mining, yang banyak terjadi turut mendorong pertumbuhan jumlah bitcoin.


- Bukan berbentuk saham

Tidak seperti saham atau komoditas investasi lain yang memiliki wujud, bitcoin tidak memiliki bentuk fisik. Sehingga, jika Anda berinvestasi pada bitcoin, berarti Anda sedang menanamkan uang pada sesuatu yang bernilai nol.

Nominal yang dimiliki oleh bitcoin murni dipengaruhi oleh jumlah permintaan dan penawaran dari para penggunanya. Anda tentu ingat bagaimana harga bitcoin langsung melambung begitu Elon Musk menyebutnya di sebuah tweet. Hal itu menandakan sedang banyak orang yang membeli bitcoin.


- Dapat memicu economic bubble

Para expert di bidang ekonomi berpendapat bahwa bitcoin dapat menyebabkan economic bubble, yakni ketika harganya terbang sangat tinggi hingga akhirnya hancur. Prediksi akan terjadinya gelembung ekonomi ini berangkat dari track record harga bitcoin yang selalu naik. Harga awal bitcoin tercatat hanya Rp 451 dan saat ini sudah menyentuh kisaran Rp 800 juta.


- Pernah dipakai untuk transaksi ilegal

Sebuah situs bernama SilkRoad pernah menggunakan bitcoin sebagai mata uang transaksi ilegal. SilkRoad sendiri menjajakan barang dan jasa ilegal, seperti narkotika, senjata api, dan jasa pembunuh bayaran. 

Bitcoin digunakan untuk bertransaksi karena tidak melewati perantara, sistemnya P2P. Maka dari itu, transaksi yang terjadi tidak dapat dideteksi oleh penegak hukum.


- Dilarang di beberapa negara

Indonesia termasuk dalam negara yang melarang penggunaan bitcoin sebagai alat bertransaksi. Hal ini diatur dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2011, yakni alat pembayaran yang diakui negara adalah mata uang yang dikeluarkan oleh NKRI.

Meski tidak bisa menjadi alat pembayaran, tetapi tidak ada aturan yang melarang penggunaan bitcoin sebagai instrumen investasi.


Penjelasan Harga Bitcoin yang Selangit

Oscar Darmawan, CEO Indodax, berpendapat bahwa penyebab utama melambungnya harga bitcoin adalah karena jumlah permintaan yang tinggi. Indodax sendiri menyediakan jasa investasi cryptocurrency di Indonesia, salah satunya adalah bitcoin.

Di tengah gejolak ekonomi akibat pandemi Covid-19, masyarakat berbondong-bondong memindahkan asetnya ke bitcoin karena dipercaya lebih kuat menahan gempuran pandemi. 

Selain itu, Paypal turut menyemarakkan keadaan dengan mengizinkan penggunanya untuk menjual dan membeli bitcoin.

Jika Anda sudah memantapkan diri untuk berinvestasi di bitcoin, pastikan Anda terus update informasi mengenai mata uang kripto (Cryptocurrency).


Harga Bitcoin Price Hari Ini

Berikut harga bitcoin price hari ini:

Bitcoin Price USD Dollar Today


Harga Bitcoin IDR Rupiah Hari Ini


2 Aplikasi Terbaik investasi Bitcoin di Indonesia

Berikut adalah 2 aplikasi mobile terbaik untuk investasi bitcoin di indonesia:

#1. Tokocrypto

Tokocrypto atau Tokocrypto Digital Exchange adalah perusahaan berbasis digital Indonesia teregulasi yang bergerak dalam bidang perdagangan aset kripto. Tokocrypto resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan merupakan pedagang aset kripto pertama yang terdaftar di lembaga resmi tersebut. Tokocrypto mendapatkan dukungan investasi dari Binance, yang merupakan salah satu perusahaan dengan bursa mata uang kripto terbesar di dunia.

#2 Indodax

Indodax.com adalah marketplace untuk membeli dan menjual Bitcoin di Indonesia menggunakan mata uang rupiah. Kamu juga bisa menukarkan Bitcoin ke berbagai aset kripto, seperti Ethereum, Litecoin, Dogecoin, DASH, Ripple, Stellar, XEM, NXT, Bitshares dan aset kripto lainnya secara gratis tanpa potongan biaya.

Aplikasi mobile Indodax dapat diunduh pada link berikut:

Posting Komentar

0 Komentar