Header Ads Widget

Ticker

10/recent/ticker-posts

Download Teks Pesan Mendikbud di Hari Sumpah Pemuda 2021 PDF

 Di bawah ini adalah download pdf teks pidato mendikbudristek pada peringatan hari sumpah pemuda tanggal 28 oktober 2021 resmi kemdikbud/kemendikbudristek ri.

Hari Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (kini bernama Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

Sejak 1959, tanggal 28 Oktober ditetapkan sebagai Hari Sumpah Pemuda, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Sumpah Pemuda.

Teks Ikrar Sumpah Pemuda

Istilah "Sumpah Pemuda" sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda. Naskah orisinil diabadikan menggunakan ejaan Van Ophuijsen.

Pertama:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Bunyi ketiga keputusan kongres dalam Ejaan Bahasa Indonesia (ejaan terbaru yang digunakan pada masa kini):

Pertama:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua:

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Teks Pesan Mendikbudristek Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021

pesan mendikbudristek hari sumpah pemuda 28 oktober 2021 tomatalikuang.com

Berikut adalah isi teks pesan mendikbudristek ri pada perinagtan hari sumpah pemuda tanggal 28 oktober 2021:

Sumpah Pemuda,

Izinkan saya berbicara langsung kepada  generasi muda negara ini.

Sebagai menteri termuda di kabinet Indonesia Maju, saya berdiri disini mewakili generasi millenial kebawah. Kehadiran saya disini membuka berbagai macam kesempatan untuk generasi berikutnya. Kawan-Kawan pemuda, Gerbang kita telah terbuka.

Apakah ada yang mempertanyakan kemampuan saya dengan tanggung jawab sebesar ini? Pasti. Apakah saya bisa memenuhi ekspektasi masyarakat yang begitu tinggi kepada saya? Waktu lah yang akan menjawab. Tapi pada saat saya diberikan kesempatan dari Pak Presiden untuk membantu generasi berikutnya, saya tidak berpikir dua kali. Saya melangkah kedepan, apapun resikonya.

Kawan kawan pemuda, kita hidup dalam dunia yang bising. Banyak bisikan, banyak godaan, dan banyak pendapat. Di dalam kegaduhan ini, sering sekali suara hati kita terabaikan. Saya yakin pemuda indonesia sadar dihatinya masing masing kemana dia ingin melangkah. Tetapi karena kebisingan tersebut, kita meragukan diri kita. Kita takut dipermalukan, kita takut dimusuhi, kita takut gagal.

Kawan Kawan pemuda, satu satunya kegagalan adalah kalau kita hanya diam di tempat. Dan satu satunya kesuksesan adalah kalau kita terus melangkah kedepan. Kita mungkin tersandung sandung, kita mungkin jatuh, tapi kita tidak akan tiba di tujuan hati kita kalau kita tidak melangkah bersama.

Kawan Kawan pemuda, jangan menunggu dunia berubah. Dunia ini ada di tanganmu. Asal kita berani melangkah, kita tak akan pernah kalah.

Salam Pemuda!

Mendikbud,
Nadiem Makarim

Unduh Teks Pesan Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 PDF (di sini).

Video Pesan Mendikbud di Hari Sumpah Pemuda 2021


Donasi bisa dilakukan melalui https://sociabuzz.com/tomatalikuang/tribe. Terima kasih atas keikhlasannya ^_^

Posting Komentar

0 Komentar