Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Situs Belajar Coding Online Terbaik Bahasa Indonesia 2022 (Gratis & Berbayar)

 Di bawah ini adalah daftar website / situs web terbaik untuk belajar pemrograman (coding) bahasa indonesia secara online di tahun 2022 tersedia gratis maupun berbayar.

Daftar Website Belajar Coding Online Bahasa Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi sekarang mendominasi sejumlah besar industri. Kita sudah memasuki sebuah era dimana hal-hal yang  biasa dikerjakan secara offine telah beralih ke online. Di indonesia, programmer sudah menjadi kebutuhan bagi industri-industri besar. Dengan gaji yang fantastis, perusahaan-perusahaan teknologi yang mulai menjamur seperti gojek, traveloka, tokopedia, dan masih banyak lagi mencari ahli pemrograman untuk bekerja di tempat mereka.

Baca juga : 


Berikut adalah 3 website untuk belajar pemrograman dan coding bahasa indonesia terbaik yang harus kamu daftar :


#1 Dicoding

dicoding website belajar pemrograman coding online pemula tomatalikuang.com

Dicoding adalah salah satu perusahaan startup asal Indonesia yang bertujuan mengembangkan ekosistem developer di Indonesia. Berdiri sejak 5 Januari 2015, Dicoding memiliki platform pembelajaran elektronik di laman Dicoding.com.  Dicoding menyediakan dua jenis sertifikat yaitu Sertifikat Keikutsertaan dan Sertifikat Kelulusan. Developer akan mendapatkan Sertifikat Keikutsertaan apabila hadir dalam salah satu event yang Dicoding adakan. Sedangkan peserta mendapat sertifikat kelulusan setelah menyelesaikan dan lulus dari tugas (submission) akhir dengan baik.

Dicoding telah terakreditasi sebagai satu-satunya Google Developers Authorized Training Partner di Indonesia dan menjadi mitra Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dalam menyelenggarakan program pembangunan ekonomi kreatif digital seperti Bekraf Developer Day. Dicoding juga adalah salah satu dari 20 anggota kelompok kerja ASEAN yang menciptakan rencana Future ASEAN Agenda for TVET (Technical and Vocational Education Training). Pada Januari 2019 sebanyak 140,000 developer IT dari 454 kota di seluruh Indonesia telah bergabung dalam jaringan Dicoding.

Jenis Kelas di Dicoding :

Dicoding Academy adalah produk utama dari Dicoding yang berfokus meningkatkan kualitas SDM digital melalui pembelajaran elektronik. Dari tingkat keahlian, tersedia kelas bagi peserta yang dengan kemampuan programming pemula (beginner), pertengahan, hingga mahir (advance atau expert). Kelas-kelas ini ada yang gratis dan berbayar. Dicoding termasuk salah satu website yang menyedikan kelas pemrograman terlengkap. 

Sedangkan dari segi konten, Dicoding memiliki dua jenis kelas yaitu kelas Regular dan Picodiploma. 

  1. Kelas Regular merupakan tipe kelas di mana developer dapat membaca seluruh modul artikel secara gratis kecuali modul terakhir yang berisi tugas (submission). Untuk mengakses tugas yang berisi ujian praktek demi menggunakan ilmu yang telah dipelajari, memerlukan sejumlah biaya atau Dicoding Points. Jika lulus peserta akan mendapatkan sertifikat.
  2. Picodiploma adalah kelas lanjutan dari kelas reguler yang bertujuan mempersiapkan developer secara profesional. Developer dapat mendaftar dengan gratis di tipe kelas Picodiploma dengan mode Trial, namun modul yang bisa dibuka hanya beberapa di awal saja. Jika menginginkan akses penuh, mendapatkan review submission oleh tim expert reviewer (tim pemeriksa ahli), dan sertifikasi jika lulus, developer dapat melakukan upgrade kelas dengan biaya atau Dicoding Points. Semua kelas Picodiploma memiliki versi materi offline berbentuk buku, di samping materi online yang lebih sering diupdate.

Situs web Dicoding: https://www.dicoding.com/


#2 Hacktiv8

hacktiv8 belajar pemrograman coding tomatalikuang.com

Dengan tagline "Transformasi Para Pemula untuk Menjadi Digital Talent", Hacktiv8 adalah sekolah pemrograman berbentuk bootcamp yang berlokasi di Jakarta. Hacktiv8 menawarkan solusi program pembelajaran intensif untuk membuat seorang pemula menjadi pengembang aplikasi web yang siap pakai, hanya dalam 12 minggu. Dalam program tersebut, peserta mempelajari JavaScript, Node.js, Vue.js, dan bahasa pemrograman React buatan Facebook lewat ratusan latihan praktik. Hacktiv8 mengubah pemula menjadi talenta digital terlatih yang siap kerja seperti Programmer, Data Scientist, dengan Full Time Program dan Professional Development. Program di Hacktiv8 tersedia offline dan remote (online).

Lulusan Hacktiv8 biasanya mendapatkan lebih dari satu tawaran bekerja dengan rata-rata gaji Rp11 juta, hanya 2-3 minggu setelah menyelesaikan program. Adapun lulusan terbaik hanya butuh beberapa hari untuk mendapatkan pekerjaan.

Standar lulusan program Hacktiv8 juga diakui secara internasional melalui Counsel on Integrity in Results Reporting (CIRR), sebuah lembaga internasional yang mengaudit lulusan sekolah pemrograman.

Hacktiv8 memiliki lebih 250 perusahaan mitra (Hiring Partner) yang siap merekrut para alumninya. Hiring Partner juga berpartisipasi dalam merancang kurikulum untuk memastikan materi yang dipelajari di Hacktiv8 tetap up to date dan relevan.

Beberapa perusahaan mitra Hacktiv8 adalah perusahaan teknologi berstatus unicorn seperti Tokopedia, Go-Jek, dan Bukalapak. Mitra lainnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, seperti Midtrans, Payfazz, Xendit, dan KoinWorks. Di samping itu, juga ada beberapa perusahaan besar yang memberikan beasiswa, seperti CIMB Niaga, Hana Bank, dan Siloam.

Program di Hacktiv8

  1. Cooding Botcamp, kamu bisa menjadi Full Stack Programmer atau Data Scientist di program ini dengan fasilitas penempatan kerja setelah lulus.
  2. Proffesional Development, terdiri dari program-program untuk meningkatkan skill di bidang digital teknologi.
  3. Corporate, terdiri dari:
    • Hire Our Grads: Rekrut Digital Talent terbaik Hacktiv8 untuk perusahaan Anda.
    • Corporate Training: Tingkatkan skill employee perusahaan Anda bersama Hacktiv8.

Situs web Hacktiv8: https://www.hacktiv8.com/


#3 Codepolitan

codepolitan situs web belajar pemrograman coding online.jpg

Codepolitan adalah sebuah platform belajar pemrograman secara online dengan berbahasa Indonesia yang dikembangkan khusus untuk membantu generasi muda belajar dan berlatih pemrograman agar kompetitif di era Industri 4.0. 

Beberapa materi belajar di Codepolitan bisa diakses secara gratis. Namun jika kamu ingin hasil belajar maksimal dan dukungan maksimal tentu saja kamu hanya bisa dapatkan di program berbayar. 

Terdapat juga fitur Premium Membership atau biasa disebut kelas membership, yang merupakan program berlangganan konten belajar CODEPOLITAN dengan batas waktu tertentu. Ketika kamu sudah berlangganan paket membership, kamu bisa memiliki akses terhadap semua konten belajar yang ada di CODEPOLITAN. 

Jenis Kelas Online di Codepolitan

Ada 3 Jenis kelas online yang ada di CODEPOLITAN, yaitu:

  1. Kelas Gratis, yaitu kelas online CODEPOLITAN yang bisa diakses oleh siapa saja asalkan sudah memiliki akun CODEPOLITAN.
  2. Kelas Berbayar, yaitu kelas online CODEPOLITAN yang hanya bisa diakses setelah user membeli kelas tersebut terlebih dahulu. Dengan membeli kelas ini, kamu bisa mengakses kelas ini selamanya! Kelas berbayar juga bisa diakses oleh user dengan status Premium Membership.
  3. Kelas Membership, yaitu kelas online CODEPOLITAN yang hanya bisa diakses oleh user dengan status Premium Membership.

Situs web Codepolitan : https://www.codepolitan.com/


Demikian 3 Situs Belajar Coding Online Terbaik Bahasa Indonesia Tahun 2022 (Gratis & Berbayar). Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "3 Situs Belajar Coding Online Terbaik Bahasa Indonesia 2022 (Gratis & Berbayar)"