Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Belajar Coding Sangat Penting? Ini Alasannya

 Tidak dapat disangkal bahwa teknologi sekarang telah mendominasi industri-industri besar.  Sejumlah besar perusahaan telah beralih dari offline ke online. Hal ini membuat programmer ahli menjadi salah satu pekerjaan yang sangat dibutuhkan saat ini. Karena itu, belajar coding tentu adalah sebuah persyaratan untuk menjadi seorang programmer profesional.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan belajar coding? Dan mengapa itu sangat penting? Apa saja manfaat belajar coding? Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya.


alasan belajar coding penting tomatalikuang.com

Berikut adalah 10 alasan mengapa Anda harus belajar pemrograman (coding) :


#1 Pengkodean dapat mengarah pada pekerjaan pengembangan perangkat lunak

Coding adalah keterampilan dasar untuk pekerjaan pengembangan perangkat lunak seperti aplikasi android maupun software komputer. Saat ini ada kekurangan developer perangkat lunak di seluruh dunia, jadi belajar coding bisa menjadi jalan yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus. Namun, ini bukan satu-satunya cara coding dapat membuka peluang kerja.


#2 Coding membuka peluang kerja lainnya

Untuk perusahaan rintisan yang lebih kecil, mempekerjakan seseorang semata-mata untuk menangani pengkodean dan desain web mungkin bukan pilihan yang paling ekonomis. Coding dapat menjadi kunci untuk menemukan pekerjaan yang lain terkait dengan bidang tersebut (seperti pembuatan konten, pemasaran, PR, dan lainnya).


#3 Coding dapat membuat CV anda menonjol

Bahkan jika Anda melamar posisi yang tidak memiliki relevansi langsung dengan pengkodean, itu masih dikenal sebagai keterampilan yang berguna. Jadi, dengan memiliki pengetahuan apa pun tentangnya, Anda akan secara otomatis memberi diri Anda keunggulan dalam melamar pekerjaan. Selain menjadi keterampilan yang umumnya bermanfaat di sebagian besar pekerjaan, itu juga menunjukkan bahwa Anda pekerja keras, dinamis, dan mandiri.


#4 Literasi pengkodean dapat membantu Anda memahami aspek lain dari teknologi

Pengetahuan tentang pengkodean (atau, seperti beberapa orang menyebutnya, literasi pengkodean) dapat membantu dengan cara lain juga. Ini bisa berarti Anda lebih cepat mempelajari aspek atau teknologi lain, plus berarti Anda lebih fasih secara digital. Di pasar kerja digital yang semakin hari ini, ini hanya bisa bermanfaat.


#5 Bisa menjadi seorang freelance

Jika Anda ingin menjadi freelance atau pekerja lepas, atau memiliki kemampuan untuk bekerja saat bepergian, coding mungkin merupakan cara yang bagus untuk melakukannya. Karena pengkodean adalah keterampilan yang sangat dihargai saat ini, banyak perusahaan bersedia membayar mahal untuk mempekerjakan seorang freelance proyek-proyek mereka. Ini berarti programmer yang terampil memiliki kemampuan untuk membuat jadwal mereka sendiri (dan mengenakan tarif yang bagus untuk itu pada saat yang bersamaan).


#6 Coding dapat memungkinkan Anda untuk mengejar proyek yang menarik

Pengkodean adalah keterampilan yang luar biasa untuk Anda jika Anda adalah tipe orang yang memiliki banyak ide dan ingin memulai segalanya kemarin. Tidak harus mencari pembuat kode di tempat lain menghemat waktu dan uang, ditambah itu berarti Anda dapat terus mengubah dan mendesain ulang seiring berkembangnya ide Anda.


#7 Coding dapat meningkatkan skil pemecahan masalah dan keterampilan logika

Di luar implikasi pengkodean yang terlihat bagus di resume, pengkodean sebenarnya meningkatkan keterampilan yang sebenarnya berguna untuk sebagian besar pekerjaan. Pemecahan masalah dan logika adalah dua yang utama. Belajar coding seperti sesi latihan untuk sisi "kiri" otak.


#8 Coding meningkatkan keterampilan interpersonal

Pengkodean untuk sebagian besar proyek besar cenderung menjadi upaya kolaboratif. Ini berarti harus bekerja sebagai satu roda penggerak sebagai bagian dari tim yang lebih besar. Mempelajari cara terbaik untuk berinteraksi dengan bos dan rekan kerja adalah keterampilan kerja yang penting, dan sering kali dapat dikembangkan melalui pengkodean.


#9 Menjadi pembuat kode yang terampil dapat membangun kepercayaan diri

Mengetahui Anda memiliki keterampilan yang diinginkan dalam pasar kerja yang kompetitif dapat membantu Anda menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan Anda sendiri. Ini juga merupakan proses yang membuat ketagihan – semakin banyak Anda belajar, semakin Anda ingin belajar. Mengetahui bahwa masalah apa pun yang dapat membuat kebanyakan orang bingung dapat diselesaikan dengan mudah oleh Anda adalah memberdayakan.


#10 Semua orang bisa menjadi programmer

Tidak seperti persyaratan untuk memperoleh gelar di kampus semua orang dapat belajar coding. Tidak perlu beberapa tahun atau biaya yang mahal. Faktanya, belajar coding dapat dilakukan secara online dan dari kenyamanan rumah Anda sendiri, dan dapat dipelajari secara fleksibel di luar jawal Anda sehari-hari.

Baca juga :

Demikian artikel mengenai Mengapa Belajar Coding Sangat Penting? Ini Alasannya. Semoga bermanfaat :)

Posting Komentar untuk "Mengapa Belajar Coding Sangat Penting? Ini Alasannya"