Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Terbaik Untuk Investasi Emas Online di Tahun 2022

 Emas adalah instrumen investasi tertua yang ada di dunia. Meski saat ini sudah tersedia beragam metode investasi modern seperti reksadana dan saham, tetapi kita tetap tidak bisa meninggalkan emas.

Di masa modern seperti sekarang, investasi emas bisa dilakukan dengan metode online. Sebelum menanamkan uang, Anda perlu tahu apa itu emas online dan dimana bisa membelinya.

aplikasi investasi emas online terbaik tahun 2022 tomatalikuang.com
Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik


Kelebihan Emas Sebagai Instrumen Investasi

Tentu ada alasan yang menyebabkan emas mampu bertahan sebagai instrumen investasi favorit sejak lama. Baik itu dalam bentuk fisik maupun online, apa saja kelebihan investasi emas?

1. Bisa dimulai dengan modal kecil

Anda bisa berinvestasi emas online dengan modal sangat minim, mulai dari Rp 500. Kondisi ini tentu sangat menarik bagi pelajar dan mahasiswa yang belum memiliki keleluasaan dana, tetapi ingin belajar investasi.

2. Aset pelindung kekayaan jangka panjang

Harga emas yang tidak terlalu fluktuatif menjadikannya sebagai aset penjaga nilai kekayaan kita. Sifat emas ini cocok untuk investor pasif yang hanya ingin melindungi nilai aset. Dengan membeli emas, berarti tujuan investasi Anda adalah jangka panjang.

3. Tahan inflasi

Keunggulan emas akan terasa signifikan saat terjadi inflasi ekonomi. Saat inflasi, harga emas cenderung meningkat. Maka dari itu, emas sering disebut sebagai safe haven karena memiliki nilai intrinsik tinggi. Emas cocok bagi investor pemula yang belum bisa cepat bertindak ketika terjadi perubahan keadaan.

4. Diversifikasi dalam investasi

Meski Anda merasa memiliki profil risiko tinggi, tidak ada salahnya membeli emas untuk melakukan diversifikasi investasi. Diversifikasi penting dilakukan agar portofolio investasi tidak sepenuhnya hilang jika sebuah hal ekstrem (seperti pandemi) terjadi.

Aplikasi Penyedia Investasi Emas Online

Saat ini, satuan emas fisik ANTAM terkecil 0,5 gram dihargai sekitar Rp 480 ribuan. Jika Anda belum berani mengeluarkan modal sebanyak itu, maka emas online menjadi solusinya. Dimana bisa beli emas secara online?. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang menyediakan jual beli emas secara online:

#1 Pegadaian Digital

Pegadaian Digital bisa menjadi opsi pertama untuk berinvestasi emas online karena merupakan BUMN yang terpercaya. Platform ini adalah pelopor investasi emas dengan metode online. Proses registrasi tabungan emas mudah, cukup memakai KTP, SIM, atau paspor. Emas online di Pegadaian Digital dapat dicairkan jika sudah menyentuh 1 gram.

Anda perlu menyiapkan biaya tambahan jika ingin mencetak tabungan emas menjadi bentuk emas batangan.

Situs web : https://digital.pegadaian.co.id/

Download Aplikasi :

#2 Orori

Orori juga menyediakan emas dalam bentuk perhiasan. Saat ini, Orori menjalin kerja sama dengan ANTAM dan menjual emas batangan ANTAM secara online. Selain melalui website, Anda bisa membeli emas Orori melalui e-commerce.

Situs web : www.orori.com

Download Aplikasi :

#3 Tokopedia Emas

Perusahaan e-commerce di Indonesia terus melebarkan lingkup usahanya, salah satunya adalah menyediakan penjualan emas online. Tokopedia Emas menjual emas digital dengan harga sangat terjangkau, minimal Rp 500 saja.

Anda dapat top-up saldo emas online dari internet banking dan ATM. Kekurangan Tokopedia Emas adalah Anda tidak bisa mencetak tabungan menjadi emas batangan.

Situs web : www.tokopedia.com/emas

Download Aplikasi :

#4 Tamasia

Tamasia menyediakan jasa penjualan emas ANTAM. Kelebihannya, Anda dapat membeli emas secara syariah dan bisa mendaftarkan diri sebagai reseller dengan pembagian profit 50:50.

Investasi emas di Tamasia dimulai dari harga Rp 10.000, tergolong lebih mahal dibandingkan aplikasi-aplikasi lain.

Situs web : www.tamasia.co.id

Download Aplikasi :

#5 BukaEmas

Bukalapak menyediakan layanan BukaEmas, yaitu tabungan emas online mulai dari Rp 3.000 saja. Tidak seperti Tokopedia, tabungan emas di Bukalapak bisa dicetak menjadi bentuk emas batangan. Namun, Anda perlu menyiapkan biaya tambahan untuk asuransi, sertifikat, dan pengiriman.

Situs web : bukalapak.com/bukaemas

Download Aplikasi :

#6 Emas Digi

Melalui Emas Digi, selain membeli dan menjual emas online, Anda juga dapat mengirim dan menagih ke sesama pengguna aplikasi. Emas Digi dilengkapi dengan fitur Go Dompet yang memudahkan transaksi. Namun, penarikan emas baru bisa dilakukan dengan saldo minimal 5 gram. Namun sayangnya, telah diumumkan bahwa Emas Digi rebranding menjadi Pluang.

#7 E-Mas

Dengan aplikasi E-Mas, Anda bisa membeli emas mulai dari Rp 10.000 dan menjual mulai dari 0,02 gram. Uniknya, antar pengguna aplikasi bisa saling melakukan transfer emas.

Download Aplikasi :

#8 Indo Gold

Indo Gold menjalin kerja sama dengan Bukalapak. Disini Anda bisa mencicil, menggadaikan, menjual, dan membeli emas. Tabungan emas bisa dicetak ke bentuk fisik jika telah mencapai 1 gram.

Situs web : indogold.id

Download Aplikasi :

#9 Pluang

Pluang adalah rebranding dari platform investasi jual beli emas yang merupakan EmasDigi. Selain emas online, Pluang menyediakan layanan deposito, saham, dan valuta asing. Anda bisa melakukan top-up menggunakan saldo Go-pay.

Situs web : pluang.com

Download Aplikasi :

#10 Tabungan Emas Shopee

Anda bisa menabung emas online di Shopee mulai dari Rp 500. Proses pencairannya mudah dan Anda bisa mengubahnya menjadi bentuk emas batangan.

Situs web : shopee.co.id

Download Aplikasi :


Posting Komentar untuk "10 Aplikasi Terbaik Untuk Investasi Emas Online di Tahun 2022"