Header Ads Widget

Ticker

10/recent/ticker-posts

Belajar Pemrograman & Coding GRATIS di Dicoding.com untuk Pemula

 Kali ini, saya akan membagikan pengalaman belajar dasar pemrograman dan coding di dicoding.com gratis untuk pemula.

pemrograman coding tomatalikuang.com


Belajar Coding Lebih Menyenangkan di dicoding.com, Daftar Sekarang!

Saat ini dunia digital mengalami perkembangan yang semakin pesat, bahkan hampir di semua sektor sekarang ini beralih dari offline ke online. Makanya tidak heran jika pekerjaan sebagai programmer sangat dibutuhkan saat ini. Programmer ini dibutuhkan untuk pembuatan website, aplikasi, hingga sistem komputerisasi lainnya. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tertarik menjadi programmer? Jika iya, ini saatnya Anda belajar coding di dicoding.com.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai belajar coding di dicoding.com, apa sih sebenarnya pemrograman dan coding itu? Apa saja perbedaan pemrograman dan coding, lalu apa saja yang bisa didapatkan dari belajar pemrograman dan coding di dicoding.com? Buat Anda yang ingin mengetahui semua tentang pemrograman dan coding, yuk simak penjelasannya di bawah ini:


Mengenal Pemrograman dan Coding

Buat Anda yang ingin belajar coding dan memulai karir sebagai programmer, lamgkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa itu pemrograman dan coding. Pemrograman merupakan proses yang dilakukan untuk menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode dalam membangun program yang ada di komputer.

Sedangkan coding adalah langkah-langkah yang dilakukan dengan cara menuliskan code ataupun skrip yang ditulis dalam bahas pemrograman. Bisa dibilang coding ini merupakan perintah yang Anda berikan kepada sistem komputer untuk melakukan perintah sesuai instruksi yang diberikan, baik itu membuat sebuah website ataupun aplikasi untuk smartphone.


Perbedaan Pemrograman dan Coding

Dari penjelasan yang ada di atas, pasti di antara Anda ada yang menganggap pemrograman dan coding adalah dua hal yang sama. Sama-sama berhubungan dengan bahasa komputer dan pembuatan website atau aplikasi. Tapi tahukah Anda bahwa programming atau pemrograman ini berbeda dengan coding.

Berikut beberapa perbedaan antara pemrograman dan coding yang dapat Anda ketahui:

#1 Pemrograman

Pemrograman merupakan proses yang dilakukan untuk mengembangkan software atau perangkat lunak. Untuk melakukan programming ini dibutuhkan perangkat analisis, program untuk modeling, generator untuk kode, dan juga framework untuk bagian testing.

Bagi programmer yang telah ahli di bidang algoritma, biasanya akan melakukan modeling permasalahan, pemrosesan data, dan juga manajemen proyek. Selain itu pemrograman ini juga dilakukan untuk membuat aplikasi secara utuh.

#2 Coding

Sedangkan untuk coding, dilakukan dalam rangka menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin komputer. Untuk melakukannya Anda sebagai programmer cukup membutuhkan program text editor. Anda juga wajib mengetahui hal-hal dasar yang berhubungan dengan bahasa pemrograman syntax, dan kata kunci umum lainnya.

Coding ini dilakukan untuk menghasilkan salah satu bagian dalam programming atau pemrograman. Jadi bisa dibilang coding ini adalah salah satu langkah yang dilakukan dalam proses pemrograman.


Pengalaman Belajar Pemrograman dan Coding di Dicoding.com Gratis untuk Pemula

pengalaman belajar dasar pemrograman coding di dicoding.com pemula tomatalikuang.com


Untuk bisa memahami pemrograman dan coding, pastinya Anda harus mempelajari programming dan coding ini. Buat Anda yang masih bingung mencari tempat untuk belajar pemrograman dan coding, Dicoding.com dapat menjadi pilihan terbaik.

Belajar pemrograman dan coding di Dicoding.com sangatlah mengasyikan. Terlebih Dicoding.com memiliki berbagai kelas yang diberikan khusus untuk pemula, diantaranya untuk Android Pemula & Menjadi Android Developer Expert. Materi yang diberikan di Dicoding.com juga sangat mudah dipahami, khususnya untuk pemula yang baru mengenal dunia programming dan coding.

Meski sistem pembelajarannya dilakukan secara online, namun ini sama sekali tidak menghalangi pesertanya untuk belajar. Terlebih Dicoding.com memiliki tim reviewer yang akan membantu peserta ketika memiliki masalah atau kendala saat belajar coding. Bisa dibilang, belajar programming yang awalnya seperti tidak mungkin dan sangat sulit, Dicoding.com membantu semuanya menjadi lebih mudah.


Highlight Fitur Dicoding.com

Sebagai platform belajar coding, Dicoding.com memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pesertanya untuk belajar coding dan pemrograman dengan lebih asyik dan menyenangkan. Berikut beberapa fitur yang dimiliki Dicoding.com buat Anda yang ingin belajar coding dengan menyenangkan:

#1 Project/Submission

Fitur pertama yang dimiliki oleh Dicoding.com adalah project/submission. Fitur ini harus Anda selesaikan jika Anda ingin lulus dari Dicoding.com hingga mendapatkan modul akhir. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh fitur Project/Submission, yakni:

  • Membantu peserta/siswa dalam menerapkan apa yang didapatkan di Dicoding.com ke pekerjaan yang mereka dapatkan. 
  • Siswa akan dipaksa menggali materi dan menerapkannya ke dalam aplikasi yang dibuatnya. Dari sini siswa jadi lebih memahami materi dan topik terkait aplikasi yang dibuat.
  • Menjadi parameter hasil penialaian yang intuitif dan juga sebagai sarana mendapatkan feedback konstruktif.
  • Siswa jadi mengetahui apakah dirinya sudah menguasai materi atau belum.
  • Siswa dapat menambah jam terbang hingga terasah logika dan cara berpikir serta kemampuannya dalam coding.

#2 Code Review

Fitur kedua yang dimiliki oleh Dicoding adalah Code Review. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh fitur Code Review antara lain:

  • Siswa lebih mudah memahami baris coding.
  • Mengatahui coding terbaik dan paling efektif.
  • Dapat mengetahu kelebihan/kekurangan serta cara memperbaiki code.
  • Mendapatkan pengalaman dan ilmu baru.

#3 Feedback dari Reviewer

Beberapa manfata yang dimiliki oleh fitur Feedback dari Reviewer adalah

  • Siswa atau peserta bisa mendapatkan sudut pandang baru mengenai kemampuannya dalam coding.
  • Siswa mendapatkan masukan dari reviewer yang dapat membuatnya lebih baik ke depannya.
  • Reviewer adalah guru dimana siswa atau peserta dapat belajar darinya.
  • Mengetahui proyek yang saat ini dibuat telah sesuai dengan pasar atau belum.

#4 Latihan dan Bedah Kode

Fitur keempat yang didapatkan dari Dicoding.com adalah Latihan dan Bedah Kode. Fitur ini merupakan fitur yang paling mudah untuk dipahami. Siswa juga dapat memahami coding dengan baik dan juga memahami arti dari kode yang ditulisnya.

#5 Materi Teori dan Tutorial

Fitur terakhir dari Dicoding.com adalah Materi Teori dan Tutorial. Fitur ini akan membantu siswa dalam mengimplementasikan materi yang didapatkannya dengan lebih mudah. Tutorial yang didapatkan juga berbeda dengan tutorial lainnya, jadi siswa lebih mudah untuk mempraktekannya.

#6 Sertifikat Kelulusan

Setelah menyelesaikan kelas, siswa akan memperoleh sertifikat kelulusan. Sertifikat ini bisa siswa cetak dan gunakan untuk mendaftar pekerjaan. Sertifikat juga tersedia untuk event dan challenge. Sertifikat yang didapat dari website Dicoding telah resmi ditanda tangani oleh CEO Dicoding dan memiliki validitas dari sistem dengan terdapatnya unique ID sertifikat. Hal ini akan berguna jika siswa ingin membuat portfolio pada CV dan lainnya.

Berikut contoh sertifikat yang saya peroleh: https://www.dicoding.com/certificates/ERZR4J14NZYV

sertifikat kelulusan dicoding tomatalikuang.com

#7 Rewards

Selain ilmu yang akan diperoleh, siswa juga akan mendapatkan point. Nah, akumulasi point dari event, academy, maupun challenge dapat ditukarkan dengan reward produktif yang dapat digunakan untuk mengembangkan produk teknologi lebih lanjut. Siswa bisa berkesempatan mendapatkan smartphone, headphone, purifier, ssd, kaos, dll. Kabar baiknya sekarang ini tersedia Samsung Galaxy A52, Xiaomi Proco X3 Pro, Xiaomi Redmi Note 10 Pro, dan masih banyak lagi yang bisa siswa tukar. Untuk daftar rewards bisa dilihat di https://www.dicoding.com/rewards.

Berikut sebagian tampilan rewards yang bisa ditukar dengan poin :

dicoding rewards tomatalikuang.com

Review Platform Dicoding.com

Sebagai salah satu siswa yang belajar di Dicoding.com, sejauh ini Dicoding.com memberikan banyak kemudahan khususnya bagi saya yang masih newbie di bidang coding dan programming. Saat ini kelas yang saya ambil adalah Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula, Mulai Pemrograman dengan Java, dan Belajar Dasar Pemrograman Web dan ini semua gratis!. Dicoding menyediakan kelas pemrograman lengkap untuk pemula bahkan sampai kelas expert atau kelas profesional.

Sebagai pemula, saya banyak belajar coding dan pemrograman di Dicoding.com. Dari kelas Membuat Aplikasi Android untuk Pemula saya mendapatkan gambaran awal apa yang akan dipelajari di kelas ini, mulai dari silabus, metode belajar, peralatan yang digunakan, hingga alur yang harus dilalui dalam belajar.

Begitu juga dengan kelas Mulai Pemrograman dengan Java, saya mendapatkan materi-materi pembelajaran mulai dari persiapan hingga penutup kelas. Pembelajaran yang didapatkan juga sangat terstruktur. Siswa tidak bisa melanjutkan tahap selanjutnya jika belum menyelesaikan kelas sebelumnya.

Jadi, dari pengalaman saya belajar coding di Dicoding.com sangatlah asyik dan menyenangkan. Setelah kelas yang saya ambil selesai, saya berencana mengambil kelas tingkat lanjut. Jadi, silahkan kunjungi kembali blog ini, untuk membaca pengalaman saya belajar pemrograman untuk menjadi seorang programmer ahli. :)


Daftar Kelas Belajar Pemrograman Gratis di Dicoding.com

Kelas belajar pemrograman tersedia lengkap di dicoding baik gratis dan berbayar dari dasar sampai kelas expert. Untuk pemula, siswa bisa mengambil kelas gratis untuk mengenal dan mempelajari dasar-dasar pemrograman.

Berikut daftar kelas gratis di dicoding.com :

  1. Kelas Memulai Pemrograman Dengan C: Belajar programming menggunakan bahasa C yang menjadi populer dikarenakan cepat dan mudah untuk dipelajari bagi para pemula. 
  2. Kelas Memulai Pemrograman Dengan Java: Belajar bahasa Java buat kamu yang ingin mempelajari konsep Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) terpopuler untuk mengembangkan aplikasi. 
  3. Kelas Belajar Prinsip Pemrograman SOLID: Pelajari kelima prinsip desain yang merupakan pedoman untuk rancangan kode yang baik pada pemrograman berorientasi objek (OOP).
  4. Kelas Belajar Membuat Augmented Reality dengan Lens Studio: Pelajari cara membuat augmented reality di Snapchat dengan teknik seperti post effect, segmentation, face effect, hingga visual scripting.

Daftar kelas gratis dan berbayar bisa dilihat pada laman: https://www.dicoding.com/academies/list.

Demikian Pengalaman Saya Ketika Belajar Pemrograman dan Coding di Dicoding.com

Keep learning !

Penulis: Aswad Hariri Mangalaeng

Donasi bisa dilakukan melalui https://sociabuzz.com/tomatalikuang/tribe. Terima kasih atas keikhlasannya ^_^

Posting Komentar

0 Komentar