Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Jitu Belajar Pemrograman & Coding untuk Pemula maupun Otodidak (2022)

 Kali ini kita akan belajar tentang tips belajar pemrograman dan coding untuk pemula. Seperti yang sudah kamu ketahui dari kutipan Presiden Joko Widodo bahwa, selain Bahasa Inggris Beliau menyarankan untuk belajar Bahasa Coding. Di samping itu, ada rumor pada beberapa tahun kedepan, tenaga manusia akan tergantikan oleh robot atau AI.

Hal tersebut tentunya beralasan dan berhubungan dengan percepatan teknologi yang sama-sama kita rasakan sekarang. Munculnya banyak startup yang sukses juga menambah kesan perlunya mempelajari pemrograman. Apalagi muncul banyak trend teknologi seperti Blockchain, Machine Learning, dan Artificial Intelligence, menjadi alasan utama mengapa kamu perlu belajar bahasa pemrograman.

tips belajar bahasa pemrograman coding pemula otodidak tomatalikuang.com

Sebelum mengetahui bagaimana tips agar kita bisa cepat menguasai pemrograman, ada baiknya mengetahui apa itu sih coding dan apa itu sih bahasa pemrograman?

Apa yang dimaksud dengan Pemrograman?

Dilansir dari Wikipedia, pemrograman atau programming adalah sebuah kegiatan menulis (write), menguji, memperbaiki (debug), dan memelihara (maintenance) kode yang membangun sebuah program komputer. Kode yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman. Tentunya setiap bahasa mempunyai tujuan yang berbeda. Orang yang membuat suatu program disebut pemrogram atau programmer.

Apa itu Coding?

Setelah tahu apa itu pemrograman, hendaknya juga kamu tahu apa itu coding sebelum belajar coding. Menurut Dicoding, coding adalah sebuah tindakan menulis skrip kode sesuai sintaks sebuah bahasa pemrograman yang benar. Jadi kalau coding itu fokus ke bagaimana kamu menulis sebuah skrip kode. Sudah tahu apa perbedaan pemrograman dan coding? Jika belum mari aku jelaskan lagi lebih detail.

Apa Perbedaan Pemrograman dan Coding?

Banyak yang salah kaprah dan menganggap coding dengan pemrograman adalah satu makna, padahal berbeda. Apabila kita tarik perbedaannya dari pengertian diatas maka bisa kita dapatkan :

# Pemrograman

  • Proses pembuatan sebuah program mulai dari analisa, modeling, desain, dan maintenance.
  • Membutuhkan banyak teknologi untuk mengerjakannya.
  • Outputnya adalah sebuah software utuh seperti aplikasi, dan website.
  • Pelakunya adalah programmer yang biasanya memiliki banyak keahlian atau memiliki tim untuk membangun sebuah program.

# Coding

  • Fokus pada proses menulis kode sesuai sintaks dan algoritma sebuah bahasa pemrograman.
  • Hanya membutuhkan sebuah text editor atau IDE (Integrated Development Environment).
  • Menerjemahkan bahasa manusia kepada bahasa mesin atau komputer.
  • Outputnya adalah salah satu bagian dari pemrograman.

Ternyata coding dan pemrograman tidak bisa terpisahkan, ya. Jadi, apakah coding selalu mempunyai menjadi bagian dari pemrograman? Tentunya tergantung tujuan kamu ya, intinya untuk membuat sebuah program, salah satu tahapan awal yang perlu kamu pelajari adalah mempelajari coding menggunakan bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Untuk mempelajari pemrograman kita perlu mempelajari semua elemennya, seperti design, deploy, analisa, dan tentunya membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan untuk belajar coding kita perlu mempelajari algoritma, sintaks, dan debug sebuah bahasa pemrograman.

Baca juga: Pengalaman Belajar Pemrograman dan Coding Gratis

Yuk langsung saja kita ke pembahasan utamanya.

Tips Belajar Coding dan Pemrograman

Jika boleh mendeskripsikannya, untuk belajar coding dan pemrograman kamu perlu memperhatikan hal berikut, entah dari segi soft skill atau hard skill. 10 tips untuk pemula berikut juga bisa kamu praktekkan saat belajar pemrograman secara otodidak.

  1. Tentukan tujuan belajar
  2. Pilih bahasa pemrograman
  3. Pelajari roadmapnya
  4. Fokus satu bahasa pemrograman
  5. Memilih framework
  6. Praktek
  7. Gabung komunitas
  8. Hindary copy-paste kodingan
  9. Sering membaca kode orang lain
  10. Konsisten

Berikut uraian penjelasannya:

1. Tentukan Tujuan Belajar

Tips pertama adalah mula-mula kamu harus tahu apa tujuan kamu belajar coding. Tujuan disini yaitu ingin menjadi apa kamu nantinya, apakah Web Developer, Game Developer, Blockchain Developer atau lainnya. Mengapa hal ini penting? karena setiap tujuan memiliki roadmap atau alur belajar yang berbeda juga. Jika sudah yakin dengan tujuanmu, mari lanjut ke nomer dua.

2. Pilih Bahasa Pemrograman

Tips belajar coding dan pemrograman selanjutnya adalah memilih bahasa yang akan digunakan. Lebih spesifik dari yang pertama, setelah kamu tahu tujuan belajar, dari situ kamu bisa riset sendiri bahasa pemrograman apa yang cocok. Misalkan ingin menjadi game developer, maka kamu perlu belajar C++, atau web maka kamu perlu belajar Javascript atau PHP.

3. Pelajari Rodmapnya

Oke, tujuan sudah bahasa juga sudah kamu pilih, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengetahui alur atau roadmapnya. Alur apa maksudnya? Tepatnya yaitu bagaimana cara menguasai bahasa tersebut, termasuk fundamental dan materi di dalamnya. Kamu harus tahu apa itu variabel, operasi, percabangan, perulangan dan lain-lain. Setelah kamu kuasai semua, baru kamu boleh memilih framework. Framework? Sabar dulu, nanti aku akan jelasin.

4. Fokus Satu Bahasa Pemrograman

Tips belajar coding selanjutnya adalah fokus dengan satu bahasa terlebih dahulu. Pada pertengahan masa belajar, ada kalanya kamu bosan dan ingin mencoba bahasa yang lainnya. Namun untuk para pembelajar pemula, hal ini kurang aku rekomendasikan. Biarkan dulu kamu menguasai satu bahasa, baru kamu boleh fokus ke bahasa lainnya.

Sekedar agar kamu lebih kenal dalam sebuah bahasa pemrograman, di bawah ini ada beberapa contoh bagaimana sebuah bahasa pemrograman menerjemahkan kalimat “Halo, saya suka belajar coding”. Disini aku akan mengambil 4 contoh saja yaitu dari bahasa C++, Java, Python, dan PHP.

Contoh Kode C++

  • #include <iostream>
  • int main() {
  • std::cout << “Halo, saya suka belajar coding”;
  • return 0;
  • }

Contoh Kode Java

class HelloWorld {

public static void main(String[] args) {

System.out.println(“Halo, saya suka belajar coding”);

}

}

Contoh Kode Python

Print(“Halo, saya suka belajar coding”)

Contoh Kode PHP

<?php

echo “Halo, saya suka belajar coding”;

?>

5. Memilih Framework

Framework adalah sebuah kerangka kerja untuk mempermudah untuk menyusun dan mengembangkan sebuah kodingan. Manfaat memilih framework adalah membantu kamu membuat sebuah program, dan sebuah bahasa mempunyai lebih dari satu framework. Seperti PHP memiliki framework Laravel, CI, atau Yii.

6. Praktek

Oke, semua fundamental dan framework sudah kamu ketahui, sekarang saatnya praktek. Untuk pertama mungkin kamu perlu sambil melihat tutorial untuk praktek. Tetapi lambat laun dan tentunya dengan repetisi belajar yang meningkat, kemampuanmu akan semakin bagus. Misal sudah selesai dengan satu projek, ulangi projek tersebut apabila memang ada yang belum kamu pahami.

7. Gabung Komunitas

Tips belajar coding dan pemrograman selanjutnya adalah bergabung dengan komunitas. Apa manfaatnya? Tentu banyak, kamu bisa bertanya misalkan ada sebuah bug, atau sekedar sharing bagaimana mereka bisa mencapai titik tersebut. Gabunglah dengan komunitas terkait, seperti grup Javascript, Python, Laravel, atau yang lainnya. Intinya jangan malu untuk bertanya, karena semua ahli dulunya adalah pemula.

8. Hindari Copy Paste Kodingan

Salah satu yang membuat programmer susah berkembang adalah kebiasaan untuk copy paste sebuah kode. Dalam menulis kodingan pasti pernahlah menjumpai bug yang membuat bad mood dan pikiran kalut. Apabila dalam posisi ini, programmer copas berusaha mencari jalan pintas seperti menyalin kode yang sudah ada tanpa tahu alur dari kodingan itu sendiri.

9. Sering Membaca Kode Orang Lain

Ini adalah tips belajar coding yang sangat ampuh menurutku. Membaca kode orang lain bisa menguatkan logika dan kemampuan menulis kode. Kamu perlu bertanya kepada diri sendiri, mengapa kode tersebut berjalan? Bagaimana kode tersebut dijalankan?

10. Konsisten

Memang yang satu ini agak susah dipraktekkan. Jangan Cuma semangat di awal masa belajar, tapi semakin ke belakang semakin loyo. Ada kutipan mengenai konsisten, “Hal yang paling susah itu adalah tetap konsisten ketika hasil masih belum terlihat”. Jadi ingat tujuan awal dan jangan lupa istirahat.

Posting Komentar untuk "10 Tips Jitu Belajar Pemrograman & Coding untuk Pemula maupun Otodidak (2022)"